Lini Belakang Barca Bakal Menjadi Fokus Utama Xavi - Vivagoal.com
Tentang Kans Barcelona di Liga Champions, Xavi: Mudah, Hanya Perlu Menang
Sumber: Detik Sport

Lini Belakang Barca Bakal Menjadi Fokus Utama Xavi

Heri Susanto - November 16, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal La Liga – Sesaat pasca resmi melatih Barcelona, Xavi Hernandez memiliki pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Lini belakang yang keropos bakal menjadi perhatian dari pelatih 41 tahun ini.

Dalam 12 alga yang dimainkan Barcelona di LaLiga, mereka sudah kebobolan 15 kali. Angka tersebut lebih buruk dari Rayo Valeccano (14 gol) dan Espanyol (13). Barcelona bahkan baru dua kali mencatatkan cleansheet. Tak hanya itu, Barca juga harus terpatri di posisi 9 klasemen sementara dengan 17 poin hasil dari empat menang dan lima kali imbang serta tiga kali kalah.

Catatan buruk di lini pertahanan Barca memang menjadi masalah serius di musim ini. Dalam enam laga terakhir, Marc-Andre ter Stegen harus menerima 21 sepakan ke arah gawang. Ia hanya mampu menahan 11 dan 10 lainnya berbuah gol. Tak hanya itu, mereka juga kerap kali kesulitan mencetak gol meski menguasai  pertandingan.

“Kami kesulitan mencetak gol, sedangkan lawan kami, dengan sedikit peluang yang mereka punya, bisa mencetak gol ke gawang kami,” kata Jordi Alba usai Barcelona ditahan 1-1 oleh Alaves pada 30 Oktober lalu, seperti dikutip Marca.


Baca Juga:


Menukil laporan yang sama, Xavi kini siap melakukan kebijakan rotasi di lini belakang. Duet yang digalang Eric Garcia serta Gerard Pique bisa saja tergantikan oleh beberapa nama lain macam Clement Lenglet, Samuel Umtiti, dan Ronald Araujo.

Tak hanya itu, Xavi juga tetap akan membuat Barca mendominasi pertandingan dengan memanfaatkan penguasaan bola. Ia juga meminta pada skuatnya agar tak membuat lawan menekan lebih ketat. Laga debut Xavi akan dimainkan kala Barca bersua dengan Espanyol dalam Derbi Barceloni, 21 November mendatang.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com