Logo Persib Bandung, Filosofi dan Maknanya | Vivagoal.com
Makna Lambang Logo Persib Bandung

Makna Lambang dan Logo Persib Bandung

Fachrizal Wicaksono - January 29, 2019
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Indonesia – Setiap logo klub sepak bola memiliki makna tersendiri. Baik dari klub liga Indonesia maupun Liga di mancanegara. Berikut makna dari logo/lambang klub Persib Bandung.

Lambang juga biasanya ikut menentukan beberapa aspek seperti warna jersey serta atribut yang digunakan pemain atau suporter. Logo juga menjadi identitas dari sebuah klub sepak bola.

Tiap lambang pasti memiliki makna dan filosofi tersendiri. Tak terkecuali dengan klub-klub yang ada di Indonesia.

Sebagian orang mengetahui secara umum ada dua jenis logo klub di Indonesia. Yang pertama adalah logo klub dengan dasar logo pemerintah daerah. Dan juga kedua adalah logo modern yang memang disesuaikan dengan sebuah klub.

[irp]

Banyak klub yang memiliki inspirasi dari pemerintah yang ada. Contoh satu klub yang menggunakan logo pemerintah daerah sebagai dasar adalah Persib Bandung.

Sejarah terbentuknya logo Persib Bandung yang ada saat ini, lahir bersamaan dengan dibentuknya Persib Bandung pada 14 Maret 1933. Persib Bandung sendiri sebelumnya berawal dari Bandung Inlandsche Voetball Bond (BIVB).

Menurut catatan sejarah yang ada, BIVB sendiri berdiri pada tahun 1923. Akan tetapi, setelah tahun 1930 BIVB menghilang dan muncul dua perkumpulan lain yaitu Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung PSIB, dan National Voetball Bond (NVB).

Pada tahun 1933 terbentuklah klub Persib Bandung. Logo Persib Bandung diambil dari logo Kota Bandung yang berupa perisai berbentuk jantung.

Ada penambahan pula tulisan ‘PERSIB’ serta tahun 1933 sebagai hari jadi Persib Bandung. Pada era Liga Super Indonesia, mulai muncul tren menambahkan bintang di atas logo klub.

Penambahan bintang ini terinspirasi dari klub raksasa Persipura Jayapura. Dan akhirnya banyak klub di Indonesia mengikuti tren tersebut.

[irp]

Filosofi yang termaktub pada lambang perisai yang dipakai di logo Kota Bandung dan Persib Bandung. Itu adalah simbol perjuangan mencapai suatu tujuan harus menggunakan perisai untuk melindungi diri, serta menahan segala bentuk bahaya.

Pada logo tersebut ada beberapa warna seperti kuning emas di di bagian atas, serta gunung warna hijau, ombak berwarna biru dengan latar putih, serta balok berwarna hitam.

Sedangkan pada warna kuning memiliki arti kesejahteraan dan keluhungan. Warna hitam memiliki arti kokoh, tegak, dan kuat. Adapun hijau adalah lambang kemakmuran dan sejuk, putih bermakna kesucian, dan biru bermakna kesetiaan.

Pada tahun 1933 adalah tahun lahirnya Persib Bandung. Terdapat dua bintang di atas perisai berarti Persib sudah dua kali menjadi juara liga, yaitu pada tahun 1995 dan 2014.

Selalu update berita bola terkini seputar Liga 1 Indonesia hanya di vivagoal.com