Mengenal Klausul-klausul Aneh di Dunia Sepakbola

0
561
Mengenal Klausul-klausul Aneh di Dunia Sepakbola

VivagoalBerita Bola – Klausul yang tertera di kontrak pemain sudah menjadi hal yang lumrah, namun pernahkah anda mendengar klausul les memasak? Berikut sederet klausul aneh yang diminta oleh para pemain sepakbola.

Pada jendela transfer musim dingin yang sedang berlangsung di Eropa saat ini banyak terjadi transfer-transfer pemain yang tentu sangat menarik untuk diikuti. Saling tukar pemain juga tengah terjadi seperti yang ada pada efek domino transfer Gonzalo Higuain.

Nama-nama top juga pernah mengisi transfer pemain pada bulan Januari seperti Philippe Coutinho (Liverpool ke Barcelona), Virgil van Dijk (dari Southampton ke Liverpool). Beberapa diantaranya turut menyertakan klausul yang memberi keuntungan baik untuk klub maupun pemain itu sendiri.

Namun fakta unik terlihat dari laporan yang dikutip dari Sky Sports, buku berjudul Done Deal, yang ditulis oleh pengacara sepakbola Daniel Grey, mengungkap dunia transfer pemain. didalamnya terdapat beberapa klausul aneh yang diminta baik oleh pihak klub maupun sang pemain.

Berikut ini kami suguhkan sederet klausul aneh yang pernah terjadi di dunia sepakbola termasuk permintaan seorang pemain kepada klub untuk mengurusi biaya kursus memasak sang istri.

Baca Juga :  Puyol Desak Barca Realisasikan Transfer Neymar
  1. Adalah Rolf-Christel Guide-Mien yang dilaporkan meminta Eintracht Frankfurt untuk membayar kelas memasak istrinya ketika ia berlabuh dari Karlsruher pada 1999. Pesepakbola asal Kongo itu sendiri kini sudah pensiun.
  2. Sunderland Juga pernah membuat klausul melarang pesepakbola internasional Swiss, Stefan Schwarz untuk melakukan perjalanan ke antariksa. Schwarz akhirnya pensiun pada 2003 setelah empat tahun membela The Black Cats.
  3. Pada 2002, di tengah ancaman konflik militer di Irak, manajer Bernd Stange meminta klausul rilis dari Federasi Sepakbola Irak, andai perang meletus ia akan angkat kaki.
  4. Stig Inge Bjornebye yang direkrut Liverpool dari Rosenborg pada 1992 itu dilarang mengikuti jejak sang ayah yang merupakan atlet ski Olimpiade. Liverpool melarang keras Bjornebye untuk ber-ski ketika pulang kampung ke Norwegia.
  5. Saat Neymar bermain untuk Barcelona, terdapat klausul di mana pihak klub harus membayar penuh biaya teman-temannya ke Spanyol setiap dua bulan untuk berlibur. Kabarnya, ini adalah keuntungan umum yang rata-rata dimiliki para pemain top Eropa.
  6. Pemain legendaris Arsenal, Dennis Bergkamp yang dikenal takut naik pesawat terbang. Bergkamp menuntut sebuah klausul di kontraknya yang memastikan dia tidak dipaksa untuk naik pesawat di laga-laga tandang.
  7. Neil Ruddock yang merupakan bek untuk Crystal Palace, dilaporkan memiliki klausul pembatasan berat badan di kontraknya. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan lingkar pinggangnya.
  8. Rafael van der Vaart juga memiliki klausul aneh saat pindah ke Real Betis pada 2015, dilaporkan bahwa dia diperbolehkan untuk memakai warna sepatu bola apapun kecuali merah. Pasalnya merah merupakan warna kebesaran Sevilla, klub rival Betis.

Selalu update berita bola terkini seputar Sepakbola Dunia hanya di vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here