Mourinho Beri Penjelasan Mengapa Pelatih Top Semakin Sedikit

0
646
Mourinho Beri Penjelasan Mengapa Pelatih Top Semakin Sedikit

Vivagoal Berita Bola Jose Mourinho buka suara terkait banyaknya kritikus sepak bola yang terbilang gagal saat mencoba menjadi manajer. Mou juga mengatakan alasan mengapa begitu sedikit pelatih top saat ini.

Jose Mourinho dikenal sebagai orang yang tak segan meladeni kritik dari analis sepak bola. Saat masih menangani Manchester United, dia tak jarang beradu mulut dengan Gary Neville dan Paul Scholes.

Menariknya, kedua orang tersebut belum pernah menuai kesuksesan ketika menjadi pelatih sebuah kesebelasan. Mou pun menyebut jika pekerjaan sebagai pelatih sepak bola adalah salah satu pekerjaan tersulit di dunia. Ia justru bingung mengapa banyak pihak meremehkan profesi tersebut.

 

“Ada satu bagian penting dari manajemen yang terkadang dilupakan banyak orang, bahkan beberapa analis top, mereka melupakannya, itu adalah kemampuan yang harus anda punya sejak lahir dengan beberapa talenta yang terus berkembang,” buka Mou kepada Express.

“Itu kurang lebih hal yang sama seperti sebuah akademi sepak bola membentuk pemain. Saya kira itu adalah pemahaman umum dan pengertian permainan ini. Kualitas kepemimpinan, kualitas komunikasi dan kecerdasan emosional.”

“Itu adalah satu hal yang tidak bisa ditiru oleh sebuah teknologi atau pengalaman di level lain, yakni adalah pemahaman soal tekanan yang anda hadapi,” lanjutnya.

Baca Juga :  Real Madrid dan Kutukan Penghargaan FIFA Award

Lebih lanjut pelatih asal Portugal tersebut mengatakan jika perbedaan besar antara seorang pelatih hebat dan mereka yang biasa saja adalah dalam hal pengambilan keputusan. Semua orang bisa dengan baik mengambil keputusan saat melihat pertandingan di layar kaca, namun hal berbeda akan mereka rasakan saat berdiri tepat di pinggir lapangan.

“Satu hal yang kami [pelatih] lakukan, di depan layar televisi adalah menganalisis pertandingan secara langsung dan berkata: ‘saya akan mengeluarkan pemain ini, dan saya akan menempatkan pemain lain di sini.”

“Ketika anda berada di tepi lapangan, bisakan anda berada di tepi lapangan dengan tetap tenang, untuk jadi analis, untuk membaca pertandingan, untuk lebih berani mengatasi tekanan?”

“Saya dulu pernah mengatakan ini, semua orang di dunia lebih memahami sepak bola daripada kami. Ini adalah satu-satunya pekerjaan di mana orang-orang lebih tahu daripada para spesialis [pelatih],” tandasnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here