VivagoalBerita Bola – Dalam perkembangannya, Federasi Sepakbola Inggris (FA) musim depan akan memiliki wewenang untuk menghukum para pemain yang kedapatan melakukan diving pada sebuah laga. Sebuah sanksi retrospektif pun menjadi pilihan yang dinillai tepat bagi para “aktor” tersebut.

Aksi diving kerap mengisi berbagai pertandingan sepakbola di dunia tak terkecuali di Inggris. Pilihan satu ini kerap menjadi salah satu jalan yang dilakukan para pemain untuk mengelabuhi wasit serta memperoleh keuntungan baik hadiah penalti ataupun pengusiran pemain lawan dengan tujuan memangkan psebuah pertandinga.

Kondisi tersebut nampaknya sudah membuat muak FA selaku lembaga yang memiliki tanggung jawab atas jalannya kompetisi Liga Primer Inggris. Selaku salah satu liga terbaik di dunia, mereka nampaknya ingin membersihkan para “aktor” yang ada di atas lapangan tersebut.

Salah satu langkah yang mereka lakukan adalah dengan memberikan sanksi kepada para pemain yang melakukan aksi tersebut dengan membuat regulasi bernama ”Successful Deception of a Match Official”.

Pihak Dewan FA pun sudah mensetujui perubahan regulasi tersebut pada 18 Mei 2017 setelah sebelumnya dikaji selama berbulan-bulan. Regulasi ini sendiri baru akan digunakan pada musim depan.

Regulasi satu ini memiliki kinerja yakni mengkaji rekaman ulang usai pertandingan yang menunjukkan aksi para pemain yang dinilai melakukan diving. Berbagai kejanggalan yang membuahkan penalti ataupun pengusiran pemain baik melalui kartu merah langsung ataupun akumulasi kartu akan ditindak tegas.

Pengambilan keputusan sendiri akan dilakukan oleh sebuah tim yang terdiri atas tiga orang yakni satu mantan ofisial pertandingan, satu eks manajer dan satu mantan pemain. Penilaian bulat ketiga orang tersebut akan menjadi penentu apakah seorang pemain pantas dijatuhi hukuman ataukah tidak.

FA sendiri akan menjatuhkan sanksi baik kepada mereka yang melakukan diving ataupun hanya pura-pura cedera. Sanksi yang diberikan adalah larangan bermain sebanyak dua laga. Tentu sebuah sanksi yang bisa meredam aksi memalukan yang sudah menjadi tradisi di semua kompetisi di dunia tersebut.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply