Musim Depan, Premier League Berlakukan Aturan Head to Head

0
1104
Musim Depan, Premier League Berlakukan Aturan Head to Head

Vivagoal Liga InggrisBerbagai pembaharuan terus dilakuan oleh otoritas Premier League. Terbaru mereka akan menggunakan aturan head-to-head untuk musim 2019/20 mendatang.

Selama ini Premier League menggunakan aturan selisih gol jika ada dua tim yang memiliki poin yang sama. Jika aturan tersebut belum membuahkan hasil maka penentuan akan turun ke jumlah gol yang dicetak, dan jika sama juga maka akan dilakukan playoff.

Adanya aturan tersebut membuat Premier League begitu menarik dengan setiap tim berupaya untuk bisa mencetak gol sebanyak mungkin. Penentuan dari jumlah gol terakhir kali terjadi pada musim 2011/12.

Kala itu, Manchester City dan Manchester United yang mengakhiri musim dengan jumlah poin sama di akhir musim haru ditentukan melalui jumlah gol mereka. Akhirnya Manchester City keluar sebagai juara setelah unggul jumlah gol dari sang rival.

Seperti dikutip situs resmi Premier League, akan ada regulasi baru yang diterapkan musim depan. Adalah sistem head-to-head akan diberlakukan untuk menentukan juara, zona Liga Champions, Liga Europa, dan juga promosi-degradasi seperti halnya dengan La Liga dan Serie-A.

Baca Juga: Big Six Premier League Masuk Daftar Tim Paling Berharga di Dunia

Namun berbeda dari kedua kompetisi di atas, Premier League baru akan menggunakan peraturan head-to-head jika tiga syarat pertama yakni poin, selisih gol, dan jumlah gol yang dicetak berimbang. Aturan gol tandang juga dipakai apabila kedua tim punya rekor sama.

Jika masih belum ditemukan siapa pemenangnya, maka baru dilakukan playoff di tempat yang netral. Segala hal yang menyangkut waktu, format, dan venue akan ditentukan oleh otoritas Premier League.

Selain head-to-head, Premier League musim depan nantinya juga akan mulai menggunakan VAR dan mengubah beberapa aturan dasar seperti penalti serta offside. Dengan berbagai pembaharuan yang diterapkan, apakah Premier League akan semakin menarik ataukah Liga yang paling hingar bingar ini justru menuai lebih banyak kontroversi? Menarik untuk ditunggu.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here