Nostalgia: Los Galacticos Arema Yang Gagal Memberi Gelar Juara - Vivagoal.com
Nostalgia Los Galacticos Arema Yang Gagal Memberi Gelar Juara

Nostalgia: Los Galacticos Arema Yang Gagal Memberi Gelar Juara

Fido Moniaga - April 23, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia – Arema FC pernah membuat heboh kancah persepakbolaan Indonesia tahun 2013 silam. Singo Edan yang kerap bermasalah dengan masalah keuangan mendadak bisa membentuk tim Los Galacticos alias skuad bertabur bintang.

Arema kala itu sukses mendapatkan suntikan dana lumayan besar dari anak perusahaan Bakrie, Cronus Group. Alhasil, mereka pun membangun proyek Los Galacticos dengan merekrut Beny Wahyudi, Purwaka Yudi, Kurnia Meiga, Dendi Santoso, Ahmad Alfarizi, dan Hendro Siswanto.

Kesemua pemain bintang itu lalu dipadukan dengan Greg Nwokolo, Egy Melgiansyah dan Victor Igbonefo. Yang makin membuat skuat Arema mentereng adalah saat mereka mendatangkan Beto Goncalves, Keith Kayamba Gumbs, Cristian Gonzales, dan Thierry Gathuessi, kesemuanya adalah pemain mahal di masanya.

Tak tanggung-tanggung, dari keseluruhan pemain yang didatangkan tersebut, manajemen Arema harus rela merogoh kocek hingga kurang lebih 40 sampai 45 miliar rupiah, jumlah terbanyak dibanding kontestan lain di periode tersebut.

Selain membentuk skuad Los Galacticos, Arema juga menunjuk pelatih terbaik Indonesia kala itu, Rahmad Darmawan yang sukses dua kali beruntun membawa tim asuhannya juara ISL, yaitu Persipura Jayapura musim 2005 dan Sriwijaya FC tahun 2008.


Baca Juga:



Dengan komposisi seperti ini, kekuatan skuat Arema musim 2013 jelas tak terbantahkan lagi. Apalagi jika mengintip lini serang mereka yang berisikan lima besar pemain tersubur di musim sebelumnya, yaitu Beto, Greg Nwokolo, Keith Kayamba Gumbs dan Cristian Gonzales.

Tapi apa lacur, setelah menjalani kompetisi, Arema ternyata bukan jadi tim yang tersubur. Mereka hanya ada di urutan ketiga dalam urusan produktivitas gol. Parahnya lagi, mereka juga gagal juara usai tertinggal 16 angka dari Persipura yang keluar sebagai juara ISL 2013.

Diperkuat deretan pemain berlabel bintang dan dibesut pelatih kenamaan ternyata tak menjamin Arema bisa keluar sebagai juara kompetisi.

Selalu update berita terbaru seputar Bola Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com