Obrolan Vigo: Kisah Soeratin, Sang Pendiri PSSI

0
296
Kisah Soeratin, Sang Pendiri PSSI

Vivagoal – Obrolan Vigo – Publik sepakbola Indonesia nampaknya sudah tak asing lagi dengan nama Soeratin. Lantas siapa dan seperti apa sosok Soeratin?

Soratin Sosrosoegondo pantas diabadikan namanya atas segala pengorbanannya untuk dunia sepakbola di tanah air.  Pria kelahiran Yogyakarta 1898 tersebut menggunakan sepakbola sebagai jalan perjuangan untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Sebagai seorang pemuda yang gemar bermain sepakbola, ia menyadari pentingnya keputusan sumpah pemuda Indonesia. Kala itu, Soeratin menganggap sepakbola ialah medium yang tepat untuk menanamkan nasionalisme.

Soeratin berharap rasa nasionalisme yang tertanam melalui sepakbola bisa menjadi senjata ampuh untuk menentang kolonialisme kala itu. Meski ia sadar pergerakannya tak akan berhasil bila dilakukan secara sporadis.

Atas hal itu, Soeratin mencoba mematangkan gagasan perlawanannya tersebut dengan membentuk organisasi sepakbola nasional. Meski harus dilakukan secara diam-diam dan diawasi ketat oleh Polisi Belanda kala itu, Soeratin mulai mengadakan banyak pertemuan dengan tokoh-tokoh sepakbola nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here