Pelatih Persija Berharap VAR Segera Diterapkan di Liga 1 - Vivagoal.com
Pelatih Persija Berharap VAR Segera Diterapkan di Liga 1
Angelo Alessio. Foto: Persija.

Pelatih Persija Berharap VAR Segera Diterapkan di Liga 1

Heri Susanto - November 1, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia –   Pelatih Persija Jakarta, Angelo Allesio berharap teknologi Video Assistant Referee (VAR) segera diterapkan di BRI Liga 1 2021/22. Menurutnya, kehadiran VAR sangat diperlukan.

Sebelumnya, sempat muncul wacana jika PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menghadirkan VAR guna meminimalisir sekaligus menjadi jawaban terkait berbagai keputusan yang diberikan wasit.

Alessio pun menyambut gembira wacana tersebut. Menurutnya, kehadiran VAR dalam kompetisi sepakbola nasioonal sangat diperlukan. Ia merasa sejauh ini, banyak keputusan wasit yang diragukan dan tak jarang, berbagai keputusan tersebut berbau kontroversi yang kerap merugikan tim.

“VAR adalah teknologi yang bagus. Saya pikir banyak situasi yang tidak dilihat oleh wasit dan VAR bisa membuatnya jauh lebih baik,” Kata Alessio saat memberikan keterangan pers virtual.”Saya pikir VAR bagus untuk dapat dipakai di masa depan. Saya berharap secepatnya kompetisi di Indonesia dapat menggunakan teknologi tersebut,” harapnya.


Baca Juga:


Meski begitu, VAR yang hendak diterapkan di Indonesia belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya, untuk menjalankan VAR, perlu Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kualifikasi khusus.

Tak hanya itu, wasit VAR juga harus bersertifikasi resmi FIFA dan para wasit harus menjalani kursus terlebih dahulu sebelum menjalankan praktik VAR. Paling cepat, di akhir musim, VAR bisa saja diterapkan dengan skema uji coba.

“VAR mungkin akan digunakan musim depan. Tapi saya berharap di akhir musim ini bisa diuji cobakan. Bagusnya semua laga pakai VAR, tetapi kami sudah tahu dalam seminggu ada pertandingan dimana saja, di setiap pertandingan, di titik mana yang kira-kira membutuhkan VAR,” tutur Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita belum lama ini.

Selalu update berita terbaru seputar Bola Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com