Perangi Pengaturan Skor, Inilah Tugas Komite Adhoc Integritas PSSI

0
260
Perangi Pengaturan Skor, Inilah Tugas Komite Adhoc Integritas PSSI

VivagoalLiga Indonesia – PSSI sebagai organisasi tertinggi sepak bola Indonesia, mengambil langkah untuk memerangi match manipulation. Salah satunya dengan membentuk Komite Adhoc Integritas.

Ketua Komite Adhoc Integritas PSSI, Ahmad Riyadh mengungkapkan ada lima tugas pokok Komite Adhoc. Menurutnya tugas utama Komite Adhoc ialah untuk menjaga integritas kompetisi di Indonesia.

“Program kerja yang pertama adalah aksi prevention atau hal-hal yang harus dilakukan untuk pencegahan. Kedua adalah manajemen resiko yang harus kita punya SPO yang jelas untuk setiap kompetisi di Indonesia dan juga hal-hal lainnya agar tidak merusak integritas sepak bola,” kata Ahmad Riyadh dilansir laman resmi PSSI.

Lebih lanjut, nantinya Komite Adhoc Integritas akan membuat prosedur pengumpulan informasi. Tak hanya itu, Ahmad menambahkan setelah prosedur pengumpulan informasi tuntas Komite Adhoc akan menjalankan investigasi.

“Ketiga adalah information gathering, seperti apa prosedur kita dalam mencari informasi. Single poin of contactnya siapa, bagaimana pelaporan, bagaimana tindak lanjut. Keempatnya adalah investigasi. Dan terakhir adalah disiplinary prociding. Seperti yang tadi kami sampaikan apakah disiplinary prociding tersebut akan masuk dalam yudisial PSSI, atau ranahnya hukum, atau ranahnya lain,” tambah Ahmad.

Komite Adhoc Integritas ini sejiatnya dibentuk PSSI untuk mencegah dan memerangi pengaturan skor maupun match fixing. Komite tersebut diharap bisa menjadi cikal bakal dibentuknya Departemen Integritas PSSI yang ditargetkan bisa rampung pada tahun 2020.

FIFA sendiri sudah mengarahkan kepada para anggota mereka untuk membentuk Departemen Integritas sejak 2017 lalu. Karena itu, Komite Adhoc Integritas diharapkan segera bersinergi dengan Satgas Antimafia Bola yang dibentuk kepolisian.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here