Regenerasi Pelatih Buat Pires Bahagia

0
314
Robert Pires

VivagoalBerita Bola – Belakangan banyak wajah-wajah baru di dunia kepelatihan. Robert Pires, mantan bintang Arsenal mengaku regenerasi yang terjadi sangat penting bagi perkembangan sepak bola di Eropa dan dunia.

Dewasa ini dunia kepelatihan masih dikuasai oleh para pelatih senior hingga medium dari segi usia. Sebut saja nama-nama tenar seperti Pep Guardiola, Zinedine Zidane, Jose Mourinho, Jurgen Klopp, Ernesto Valverde hingga Arsene Wenger masih menjadi idola.

Nyatanya regenerasi tengah terjadi di posisi pelatih. Beberapa nama besar yang sudah pensiun kini mulai berkarir sebagai pelatih.

Sebut saja Steven Gerrard, Frank Lampard, Pattrick Vieira dan Thierry Henry yang mulai menginjakkan kaki sebagai pelatih muda. Mereka diharapkan membawa gaya permainan baru yang tak kalah atraktif dengan senior-senior mereka.

Baca Juga :  Ryuji Utomo Ingin Persija Berprestasi di Liga Champions Asia

“Saya pikir sangatlah penting melihat pelatih-pelatih baru di bangku cadangan, seperti Steven Gerrard, Frank Lampard, Thierry Henry hingga Patrick Vieira,” buka Pires kepada Dailymail.

Pires menilai jika situasi tersebut sangat dibutuhkan oleh dunia sepak bola. Sebut saja Gerrard yang mampu menjalani musim perdananya bersama Glasgow Rangers mampu melaju mulus.

“Saya tahu Steven Gerrard melakukan tugasnya dengan baik untuk Rangers dan saya gembira untuknya karena dia layak mendapatkan itu. Dia adalah pemain hebat dan sekarang dia mencoba berkontribusi dengan menjadi pelatih bagus untuk Rangers,” sambungnya.

Tak hanya Gerrard, Lampard dengan Derby County yang baru saja menggusur MU di Piala Liga menjadi bukti pentingnya kehadiran mereka saat ini. Ada pula Henry yang dipercaya menjadi pelatih AS Monaco.

“Sangat penting melihat orang-orang ini tampil untuk membantu generasi baru karena sepak bola sedang berubah,” tambah Pires.

Klub pun dirasa sangat butuh para pelatih muda yang tidak melulu menilai sebuah perjuangan melalui uang. Ia mengatakan bahwa pendekatan dengan pemain tidak kalah penting.

Manyandang title sebagai mantan pemain dunia tentu mempermudah mereka menjalin hubungan dengan pemain. Mereka punya kelebihan untuk berbagi saran dan pengalaman pada pemainnya.

“Ini tak selalu soal uang. Jika Anda pelatih, Anda harus menemukan hubungan yang baik dengan para pemain. Bagi saya, itulah yang terpenting. Oleh sebab itu, Henry, Gerrard, Lampard atau Vieira bisa terhubung dengan pemainnya,” tutup Pires.

Selalu update berita bola terkini hanya di vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here