Resmi! Louis Van Gaal Pensiun Dari Dunia Sepakbola

0
164
Louis Van Gaal Buka Suara Terkait Sumber Masalah di Tubuh Manchester United

Vivagoal – Pelatih asal Belanda, Louis Van Gaal secara resmi mengumumkan pensiun dari dunia sepakbola. Keputusannya ini sekaligus menutup karier panjang kepelatihannya yang telah berlangsung sejak tahun 1991 silam.

Manchester United jadi klub terakhir yang dilatih Van Gaal sebelum akhirnya dipecat pada Mei 2016 silam. Van Gaal dipecat hanya selang dua hari setelah dirinya berhasil membantu Setan Merah menjadi juara Piala FA.

Setelah itu, Van Gaal menghilang dari hingar bingar dunia sepakbola dan memilih menghabiskan waktu bersama istri serta anak-anaknya. Sempat tersiar kabar, Van Gaal akan kembali melatih klub di luar Eropa.

Baca Juga :  Masa Depan Sudah Jelas, Pulisic Kini Fokus Penuh Ke Dortmund

Namun, isu itu ternyata tidak pernah jadi kenyataan karena Van Gaal mengaku sudah capek melatih dan akhirnya menyatakan pensiun dari dunia yang sudah membesarkan namanya itu selama 28 tahun lebih.

“Setelah membesut Manchester United, saya berpikir untuk berhenti melatih, lalu kemudian saya berpikir lagi untuk istirahat saja, tapi sekarang saya rasa saya tidak akan kembali melatih lagi.” tegas Van Gaal dikutip dari Telegraph.

Nama Van Gaal sendiri mencuat ketika dia melatih Ajax Amsterdam selama empat tahun sejak 1991 silam. Di momen tersebut , Ajax meraih kejayaan dengan memenangkan tiga titel Liga Belanda dan satu gelar juara Liga Champions tahun 1995.

Setelah itu, Van Gaal pindah ke Barcelona yang juga diwarnai dengan kesuksesan dengan raihan dua trofi LaLiga, satu Copa Del Rey, dan satu Piala Super Eropa. Sempat melatih timnas Belanda, kemudian Barca lagi, Van Gaal cukup lama menangani AZ Alkmaar dengan satu titel juara Liga Belanda.

Baca Juga :  Alasan Boateng Tolak MU dan Bertahan di Bayern

Pada tahun 2009, Van Gaal pindah ke Bayern Munchen dan sukses meraih titel juara Bundesliga Jerman serta DFB Pokal pada musim 2009/10 sebelum akhirnya kembali dipercaya membesut timnas Belanda pada tahun 2012. Van Gaal sukses membantu The Oranje finish di peringkat ketiga Piala Dunia 2014 dengan salah satunya mencukur juara bertahan Spanyol 5-1 di fase grup.

Setelah itu Van Gaal menjadi manager MU dengan torehan satu piala FA. Selama 28 tahun karier kepelatihannya, Van Gaal sudah menjalani 888 pertandingan dengan koleksi 536 kemenangan, 179 imbang dan 173 menelan kekalahan.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here