Rotasi Berujung Petaka Untuk Timnas Inggris - Vivagoal.com
Timnas Inggris Berada di Grup Ringan, Gareth Southgate Bilang Begini
Gareth Southgate, timnas Inggris, Foto: dok Football5star

Rotasi Berujung Petaka Untuk Timnas Inggris

A Hendra - June 15, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – InternasionalInggris kena bantai Hungaria 0-4 di markas sendiri pada ajang UEFA Nations League. Coba-coba pemain ala Gareth Southgate pun berujung petaka.

Timnas Inggris yang bermain di hadapan publiknya sendiri tak berdaya menghadapi perlawanan Hungaria. Bertanding di Molineux Stadium, Rabu (15/6) dinihari WIB, The Three Lions sudah harus tertinggal 0-1 saat laga baru berjalan 15 menit lewat gol Roland Sallai.

Memasuki paruh kedua pertandingan, tim tamu kian beringas dan terus mengeksploitasi buruknya koordinasi lini belakang tim Tiga Singa. Pada akhirnya, Roland Sallai sukses menggandakan keunggulan Hongaria di menit ke-70, kemudian skor menjadi 3-0 setelah Zsolt Nagy ikut mencatatkan namanya di papan skor.

Dibantai Hungaria 0-4, Harry Kane: Tenang Saja dan Jangan Panik
Sumber: Twitter @England

Kartu merah John Stones di menit ke-82 kian menambah derita Inggris. Tendangan chip Daniel Gazdag satu menit jelang laga bubar memastikan kemenangan Hungaria empat gol tanpa balas.

Hasil ini sendiri menciptakan rekor buruk buat Inggris yang untuk pertama kalinya sejak 1953, takluk dengan skor empat gol atau lebih di markas sendiri. Secara keseluruhan, Inggris kini terdampar di dasar klasemen grup 3 UEFA Nations League dengan dua poin dari empat laga, hasil dari dua imbang dan dua kali kalah.

Southgate sendiri mengakui timnya tak cukup bagus untuk bisa memenangi laga. Pelatih berusia 51 tahun itu sekaligus menyalahkan rotasi skuad yang dilakukan, termasuk memberi kesempatan buat beberapa pemain muda seperti Marc Guehi, Conor Gallagher, hingga Jude Bellingham. Hasilnya, para wonderkid itu gagal tampil sesuai harapan.


Baca Juga:


“Saya tak bisa menutup-nutupi apapun yang terjadi malam ini. Saya tak mendapat keseimbangan yang tepat. Kami memiliki beberapa pemain muda bertalenta, namun mereka butuh para pemain berpengalaman di sekitar mereka. Saat situasi tak berjalan baik, saya tak menaruh seorang pemimpin di sekitar mereka.” ujar Southgate seusai laga, dikutip Sky Sports.

“Saya tak bisa menurunkan (Declan) Rice lagi. Saya juga tak bisa memainkan (Harry) Maguire lagi. Sebenarnya bisa. Tapi jika mereka sampai cedera serius dan absen di Piala Dunia, itu akan menghukum saya sendiri.”

“Dalam situasi sulit, kamu perlu pengalaman untuk mengendalikan laga semacam tadi, inilah keseimbangan yang tak kami punya di laga ini. Ini menjadi tanggung jawab saya.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com