Sejarah! Inggris Dominasi Final Kejuaraan Antar Klub Eropa

0
296
Sejarah! Inggris Dominasi Final Kejuaraan Antar Klub Eropa

VivagoalLiga Inggris – Sejarah tercipta pada ajang kompetisi antar klub Eropa musim ini. Untuk kali pertama, empat finalis di turnamen Liga Champions dan Liga Europa (dahulu Piala UEFA) berasal dari satu negara, Inggris.

Sebelum dominasi tim Inggris ini, sejarah mencatat, sebuah negara paling banyak hanya bisa mengirimkan tiga wakilnya ke final dua ajang itu. Negara yang dimaksud adalah Spanyol. Pada musim 2013/2014 hingga 2015/2016, Negeri Matador itu selalu mampu mengirim tiga wakilnya ke final dua kompetisi antarklub Eropa tersebut.

Komposisinya pun sama, Real Madrid dan Atletico Madrid bersua di final Liga Champions, sementara Sevilla mengunci satu tempat di partai final Liga Europa.

 

Baca Juga :  Imbangi Timnas U-23, Pelatih PSIM Sangat Puas

Yang menariknya disini, kisah dominasi tim asal Inggris di pentas antarklub Eropa musim ini diwarnai aksi comeback yang sensasional. Hanya Arsenal di Liga Europa yang melenggang mulus ke partai final usai menang 3-1 di leg pertama dan 4-2 di leg kedua kontra Valencia.

Sementara itu, Liverpool dan Tottenham melaju ke final Liga Champions setelah menggelorakan semangat Remontada atau aksi kembali setelah sempat tertinggal atas Barcelona dan Ajax Amsterdam. Di sisi lain, Chelsea bisa sampai ke final setelah berjuang hingga babak adu penalti.

Chelsea menjadi tim terakhir sekaligus jadi penentu dominasi Inggris di Eropa musim ini. Tim besutan Maurizio Sarri itu harus bersusah payah dulu untuk bisa melewati hadangan wakil asal Jerman, Eintracht Frankfurt.

Baca Juga :  Takjub Satu Tim dengan Messi, Melo Tak Henti-Henti Puji Messi

Setelah bermain imbang agregat 2-2 hingga 120 menit, Chelsea baru bisa menuntaskan misinya setelah melalui adu tos-tosan. Kepa Arrizabalaga jadi pahlawan setelah menahan dua penendang Frankfurt, Martin Hinteregger dan Goncalo Paciencia.

Dominasi tim Inggris di kancah Eropa ini sekaligus mematahkan dominasi Spanyol meraih trofi yang sudah berlangsung selama 6 musim terakhir. Sejak 2013 silam, trofi Liga Champions dan Liga Europa hampir selalu bisa dibawa pulang ke negeri Matador.

Hanya Manchester United yang sekali bisa mematahkan dominasi itu, yakni pada final Liga Europa musim 2016/2017.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here