Situs PSSI Diretas, Ini Alasannya! - Vivagoal.com
Situs PSSI Diretas, Ini Alasannya!
Sumber: redaksi24.com

Situs PSSI Diretas, Ini Alasannya!

Catrine Mega - December 31, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita BolaSitus resmi asosiasi sepak bola Indonesia, PSSI, berhasil diretas setelah timnas Indonesia kalah dari Thailand 0-4 pada leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12).

Peretas mengunggah poster Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang disilang dan pesan yang memberikan semangat kepada para pemain timnas Indonesia di leg kedua final Piala AFF 2020. Tak hanya itu, sang peretas yang memberikan nama Anon 7 dan AnonSec Team juga memasukkan lagu “Garuda di Dadaku”. Sang hacker meretas akun PSSI ini dalam artikel yang memberitakan hasil pertandingan Indonesis vs Thailand putaran pertama Piala AFF 2020.

Pratama Persadha, pakar keamanan cyber dari CISSReC pun buka suara terkait motif di balik peretasan ini. Menurut Pratama, peretas ingin mengkritik Ketua Umum PSSI.


Baca juga:


“Pada kasus peretasan ini dengan mengkritik PSSI, masuk ke dalam kategori Hacktivist,” terang Pratama, dilansir dari CNN Indonesia. “Ada berbagai tujuan dari seseorang maupun sekelompok melakukan deface maupun model peretasan lainnya,” lanjut sang pakar.

“Mulai dari mencari popularitas di komunitasnya dan masyarakat, misalnya untuk melakukan perkenalan tim hacking-nya maupun sebagai salah satu kontes dari berbagai forum.”

Peretasan situs resmi PSSI ini bukanlah hal yang baru. Pada tahun 2011 lalu, situs PSSI juga berhasil diretas dengan pesan “Stop Korupsi”. Hal ini menandakan bahwa keamanan situs resmi PSSI ini masih sangat kurang. Masih banyak celah bagi para hacker untuk membajak keamanan situs asosiasi tertinggi sepak bola Indonesia tersebut.

“Sering terjadi di beberapa website adalah biasanya tidak memiliki sertifikat SSL, hacker akan menyusup dan membaca informasi sensitif yang ditemukan.” ungkap Pratama. (hs)

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com