Tak Akan Ada Lagi Transfer ‘Gila’ Setelah Pandemi Corona

0
110
Griezmann Mbappe Neymar

Vivagoal Liga Champions – Pandemi corona dipastikan akan merubah wajah transfer pemain mendatang. Banderol para pemain dipastikan anjlok usai pandemi ini berlalu.

Dalam beberapa bursa transfer terakhir, klub-klub Eropa jor-joran mengeluarkan uangnya demi mendatangkan pemain incarannya. Perputaran uang begitu menggila di setiap kali bursa transfer dibuka.

Sebut saja, Barcelona sampai harus mengeluarkan lebih dari 100 juta euro masing-masing untuk Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele. Satu musim berselang, Blaugrana menebus Antoine Griezmann senilai 120 juta euro dari Atletico Madrid.

Atletico Madrid yang dikenal ‘pelit’ bahkan rela merogoh kocek lebih dari 100 juta euro untuk pemain muda sekelas Joao Felix. Transfer Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus juga menyentuh angka 100 juta euro.

Banderol transfer pemain termahal dunia saat ini masih dipegang oleh Neymar. Kala itu, PSG haru mengeluarkan uang hingga 222 juta euro untuk menculiknya dari Barcelona.


Baca Juga:


Namun kondisi perekonomian dunia saat ini tengah goyah setelah dihantam pandemi corona. Klub pun dipercaya tidak akan lagi jor-joran uang untuk sementara waktu.

“Gelembung [rekor transfer] yang dihasilkan oleh transfer Neymar ke PSG akan pecah,” ujar ahli ekonomi asal Italia, Marco Bellinazzo, seperti dilansir Sport.

“Inflasi dalam transfer setelah perekrutan Neymar oleh PSG akan jadi kenangan lama. Akan sulit melihat transaksi seperti itu lagi.”

“Orang-orang tidak akan mengeluarkan 100 juta euro untuk Dembele lagi. CIES (Pusat Studi Olahraga Internasional) belum lama ini memperkirakan harga pemain turun 30%. Kalau semua klub harus meninjau kembali keuangannya, akan sulit untuk belanja,” lanjutnya.

“Krisis ini akan jadi masalah lain untuk klub seperti Juventus, yang menginvestasikan banyak uang dalam beberapa tahun terakhir dan biasanya menyeimbangkan keuangan dengan penjualan,” katanya menambahkan.

Sebuah perkiraan menarik bahkan datang dari CEO Inter Milan, Giuseppe Marotta. Ia menyebut kesulitan ekonomi yang terjadi saat ini akan mengubah transfer pemain menjadi sistem tukar pemain seperti yang dilakukan di NBA selama ini.

Selalu update berita terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here