Tiga Momen Kontroversial Dibalik Laga Denmark Melawan Inggris - Vivagoal.com
Tiga Momen Kontroversial Yang Bikin Kelolosan Denmark Dirampok Inggris
Timnas inggris, Foto: dok Pikiran-Rakyat

Tiga Momen Kontroversial Dibalik Laga Denmark Melawan Inggris

A Hendra - July 8, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Timnas Inggris berhasil melaju ke partai final Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Denmark. Namun keberhasilan Tim Tiga Singa itu didapat dengan serangkaian kontroversi sepanjang pertandingan.

Kejutan Tim Nasional Denmark di Piala Eropa 2020 akhirnya harus terhenti usai tumbang di tangan Inggris dini hari tadi. Pada laga yang diselenggarkan di Stadion Wembley itu, Denmark sebenarnya unggul terlebih dulu atas Inggris lewat gol dari Mikkel Damsgaard pada menit ke-30.

Pasukan Gareth Southgate kemudian bisa menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-39 melalui gol bunuh diri Simon Kjaer. Skor sama kuat itu terus bertahan selama 90 menit dan membuat laga harus dilanjutkan ke babak tambahan 2×15 menit.

Di momen ini serangkaian kontroversi mulai terjadi. Inggris mendapat hadiah penalti di menit ke-104 setelah Raheem Sterling jatuh di kotak penalti. Meski sempat melihat tayangan VAR, wasit, Danny Makkelie tetap memutuskan untuk memberi penalti pada Inggris.

Padahal dari tayangan ulang, Joakim Maehle sama sekali tidak terlihat melakukan kontak dengan Sterling. Di sisi lain ada juga Mathias Jensen yang menempel Sterling tapi tak melakukan dorongan apapun padanya.

Harry Kane lalu maju sebagai eksekutor penalti Inggris. Tendangan Kane sebenarnya berhasil ditahan oleh Kasper Schmeichel, tapi Ia dengan cepat mampu menyerobot bola muntah dan berhasil menceploskannya ke dalam gawang.


Baca Juga:


Perdebatan lainnya hadir sebelum Sterling menusuk ke kotak penalti dan terjatuh. Tertangkap jika adanya dua bola yang berada dalam lapangan. Bola tersebut berada dekat di sisi Sterling.

Jika merujuk Laws of the Games 2020/2021 halaman 68, wasit harusnya menghentikan pertandingan jika ada bola lebih dari satu, benda atau binatang dan lainnya memasuki lapangan selama pertandingan. Tapi ada penekanan lain terkait situasi itu.

Wasit boleh menghentikan laga jika memang hal tersebut mengganggu jalannya pertandingan. Dalam situasi ini, pemain Denmark tampak tidak ada yang protes, cuma ada salah satu pemain cadangan yang sedang pemanasan mengangkat tangan berkali-kali karena melihat ada bola lain di lapangan.

Selanjutnya beredar potongan gambar di media sosial terkait sinar laser yang diarahkan ke mata Schmeichel saat bersiap menghadapi eksekusi penalti Kane. Terkait hal ini, tak ada pembahasan di Laws of the Games.

Inggris sendiri pada prosesnya bakal tampil di Final Piala Eropa 2020 dengan menantang Italia. Laga keduanya akan kembali dilangsungkan di Wembley Stadium, Senin (12/7) dini hari WIB. Ini menjadi final pertama untuk The Three Lions dalam sejarah Piala Eropa. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com