UEFA Siap Tambah Satu Lagi Kompetisi Antarklub Eropa

0
595
Berita Bola-UEFA Akan Tambah Kompetisi Antarklub Eropa

VivagoalBerita Bola – Untuk memperbanyak jumlah klub di pentas Eropa, UEFA dikabarkan akan segera menghadirkan satu kompetisi baru di bawah naungan mereka. Laporan menyebutkan jika kompetisi itu sendiri baru akan digelar pada musim 2021-2022 mendatang.

Sudah menjadi kesepakatan bersama jika kompetisi di benua Eropa menjadi yang terbaik di dunia. Sebut saja klub-klub sekelas Real Madrid, Barcelona ataupun Bayern Munchen menjadi yang paling digdaya dibandingkan dengan klub-klub dari belahan bumi lainnya.

Untuk terus meningkatkan kualitas persaingan klub-klub di Eropa, UEFA selaku federasi sepakbola tertinggi di benua biru terus melakukan optimalisasi di berbagai kompetisi yang mereka kelola. Seperti yang kita ketahui, untuk saat ini UEFA menjadi induk dari dua kompetisi akbar klub-klub Eropa yakni Liga Champions serta Liga Europa.

Liga Champions yang pertama kali dicanangkan pada tahun 1955 selalu menjadi kiblat klub-klub besar Eropa. Sedang Liga Europa yang hadir per-tahun 1971 juga tak kalah menarik animo para pecinta permainan si kulit bundar di dunia.

Tak puas dengan dua kompetisi diatas, Presiden Asosiasi Klub Eropa (ECA), diwakili Andrea Agnelli, ternyata memiliki wacana untuk memperbanyak jumlah klub yang berpartisipasi di tingkat Eropa. Yang artinya, UEFA harus menambah satu kompetisi lagi.

Agnelli sendiri mengatakan jika pihaknya sudah mendapat restu dari UEFA. Kabar itu sendiri diutarakannya pada rapat anggota ECA yang digelar di Split, Kroasia, beberapa waktu yang lalu.

“Menunggu Persetujuan dari komite eksekutif UEFA, ‘lampu hijau’ telah diberikan untuk memperkenalkan kompetisi ketiga,” ujar Agnelli dikutip dari Reuters. “Membuat jumlah keseluruhan klub menjadi 96, dimulai musim 2021-2022 nanti.”

“Faktor penentu dalam mencapai posisi ini adalah kebutuhan untuk meningkatkan nilai keseluruhan kompetisi,” lanjut presiden Juventus tersebut.

Kompetisi itu sendiri nantinya akan berstatus tingkat ketiga dengan total 32 tim peserta dengan format grup. Jumlah itu pun membuat ajang UEFA lainnya mengalami sedikit perubahan dalam jumlah klub yang akan ikut serta.

Liga Europa, yang sebelumnya diikuti 42 tim, akan dikurangi menjadi 32 tim dengan format yang sama. Sedangkan Liga Champions sendiri tidak mengalami perubahan sama sekali, baik format maupun jumlah tim.

Selalu update berita bola terkini, highlights bola dan 5 fakta bola hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here