UEFA Tunda Pengesahan Format Baru Liga Champions - Vivagoal.com
UEFA Tunda Pengesahan Format Baru Liga Champions
Liga Champions. Sumber: AS

UEFA Tunda Pengesahan Format Baru Liga Champions

Arie Lihardo - March 31, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Champions – Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) menangguhkan keputusan format baru Liga Champions hingga 2024. Keputusan untuk perubahan yang sudah dibahas dalam dua tahun terakhir ini direncakan pada 19 April mendatang.

“Menyusul permintaan beberapa media dalam beberapa hari terakhir, UEFA mengonfirmasi bahwa pertemuan komite eksekutif akan mengambol tempat besok, Rabu 31 Maret, dan masa depan kompetisi klub pasca 2024 akan menjadi salah satu topik yang didiskusikan,” tulis pernyataan resmi UEFA.

“Bagaimanapun, keputusan resmi dalam hal ini hanya akan dilakukan dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA pada 19 April, dalam rangka menyimpulkan diskusi yang sedang berjalan.”


Baca Juga


Seperti yang diberitakan BBC, Format baru ini akan menambah jumlah peserta yang lolos kualifikasi dari 32 tim saat ini menjadi 36 tim. Yang paling signifikan ialah jatah dua tim melalui wild card berdasarkan prestasi dan sejarah klub terpilih dalam beberapa tahun terakhir.

Contohnya, jika sistem ini diterapkan musim ini, jatah wild card bisa diberikan kepada juara bertahan Liga Inggris, Liverpool andai gagal finis di empat besar. The Reds tetap lolos ke Liga Champions karena pencapaian mereka di musim sebelumnya baik di kompetisi domestik serta di Eropa.

Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa organisasi liga di Eropa menentang format jatah wild card ini. Pasalnya, kebijakan ini bisa membuka peluang untuk memastikan calon peserta secara sepihak sebelum turnamen bergulir.

Perubahan lainnya adalah setiap tim akan memainkan sepuluh pertandingan satu sama lain dengan sistem perhitungan klasemen. Mereka yang berada di posisi delapan besar bakal melangkah ke fase gugur, sementara peringkat sembilan sampai 24 akan bermain di babak play-off.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com