Untuk Kemungkinan Kartu Merah, Wasit EPL Wajib Lihat Layar VAR

0
58
VAR

Vivagoal Liga Inggris – Peraturan terbaru meminta wasit Premier League untuk melihat layar VAR jika terjadi kemungkinan kartu merah.

Penerapan VAR di Inggris terbilang cukup unik. Berbeda dengan penggunaan di liga-liga lain, wasit di Inggris tidak perlu melihat tayangan ulang VAR. Mereka hanya perlu menunggu konfirmasi dari asisten wasit yang menghadap VAR untuk semua situasi bahkan untuk kemungkinan kartu merah.

Perlakuan tersebut baru satu kali diterapkan saat Michael Oliver mengkartu merah Luka Milivojevic saat Crystal Palace berjumpa Derby County di Piala FA. Sedang untuk Premier League, wasit sepenuhnya bergantung pada keputusan wasit VAR kala berkonsultasi dengan VAR.

Protes pun mengalir deras karena wasit utama dinilai tak sepenuhnya mengambil keputusan. Keputusan timpang pun dinilai merugikan beberapa klub.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Berseragam Arsenal dan Liverpool

Situasi tersebut dikabarkan membuat Badan Wasit Liga Inggris (PGMOL) mulai berbenah. Dilansir dari BBC, PGMOL segera membuat aturan baru terkait penggunaan layar monitor di pinggir lapangan. Para pengadil nantinya diwajibkan melihat monitor di pinggir lapangan jika ada insiden yang berpotensi kartu merah.

Mantan pengadil lapangan di Liga Inggris, yakni Dermot Gallagher pun menyambut baik peraturan tersebut.

“Mereka (PGMOL dan Liga Premier) telah melakukan apa yang menjadi keluhan bagi oknum sepak bola, baik pelatih, pemain dan suporter,” ucap Gallagher dilansir dari Sky Sports.

“Ini akan menjadi perubahan, tentunya perubahan yang mengarah ke hal yang lebih baik, tentu kualitas pertandingan menjadi lebih bagus,” tegasnya.

Presiden FIFA Gianni Infantino sebelumnya sudah mewanti-wanti rencana tersebut. Ia mengatakan jika wasit adalah pekerjaan yang berat. Maka dari itu harus ada bantuan bagi mereka.

“Pekerjaan wasit sangar sulit, mereka adalah pahlawan , kita semua mengkritik mereka jadi mari kita bantu mereka (melalui layar VAR),” ungkap Infantino.

“Tentu ini merupakan langkah yang lebih baik untuk sesuatu pelanggaran yang belum pasti, mereka harus mengecek terlebih dahulu dan memeriksanya,” pungkasnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here