Virgil van Dijk, Tembok Kokoh Liverpool

0
164
Virgil van DIjk, Tembok Kokoh Liverpool

VivagoalLiga Inggris – Musim ini Liverpool berhasil menunjukan performa apik di  Liga Inggris. Yang patut dibanggakan, The Reds juga jadi klub yang paling sedikit kebobolan hingga saat ini di Liga Inggris.

Hingga pekan ke 21 Liverpool baru kebobolan sepuluh gol. Keberhasilan tersebut tak lepas dari penampilan impresif lini pertahanan Liverpool.

Selain  gemilangnya Alison Backer di bawah mistar, Virgil van Dijk juga punya peranan penting di lini belakang Liverpool. Ia menjelma bak tembok kokoh di lini belakang Liverpool.

Banyak yang menyebut, kehadiran bek berusia 27 tahun itu menjadi pengganti tepat legenda Liverpool, Sammi Hyypia. Bagaimana tidak, kehadirannya menjadi kunci kokohnya lini belakang Liverpool di musim 2018/19.

Baca Juga :  Hasil Liga Champions: Tottenham Sukses Hancurkan Dortmund

Memiliki tubuh jangkung, Van Dijk dengan mudah memenangi duel udara. Ia juga dengan mudah menjauhkan ancaman dari umpan silang atau long pass lawan yang menusuk pertahanan Liverpool.

Tercatat, dari 113 kali duel udara selama musim 2018/19, Van Dijk berhasil memenangankan 84 duelnya. Keberhasilan Van Dijk memenangi duel udara bukan hanya dikarenakan posturnya yang tinggi tegap. Kelihaiannya membaca bola turut mempengaruhi catatan apiknya.

Sebagai pemain belakang ia pandai memposisikan diri. Ia tahu dengan tepat kapan harus menunggu serangan lawan, kapan harus melakukan intersep. Ia juga dikenal sabar dan selalu memiliki timing yang tepat untuk menutup pergerakan lawan.

Hal itu terlihat dari statistik apiknya dalam bertahan. Dari 21 laga yang telah dijalani Liverpool musim ini, Van Dijk berhasil melakukan 25 intersep, juga 110 Clearance, dan 54 headed clearance.

Baca Juga :  Ada yang Salah Dengan Mo Salah

Tak hanya pandai membaca permainan, Van Dijk juga kuat dalam melakukan duel satu lawan satu. Dengan kekuatannya, Van Dijk menjelma manjadi tembok kokoh yang sulit dilewati bomber lawan.  Tercatat ia berhasil  76% tackle success.

Meski berposisi sebagai pemain belakang, Van Dijk tak jarang membantu Liverpool dalam menyerang. Banyak serangan balik Liverpool musim ini dimulai dari kakinya. Dimana rata-ratanya melakukan umpan sebanyak 74.10 umpan di setiap pertandingannya.

Pemain asal Belanda tersebut memiliki akurasi Long Pass yang baik dengan catatan Long Pass Acurate sebanyak 113 kali selama musim ini bergulir.  Hal itu kerap membantu para gelandang dan pemain depan Liverpool untuk membangun serangan cepat.

Dari rentetan catatan apiknya tersebut, tak berlebihan jika Van Dijk merupakan pemain paling penting atas keberhasilan Liverpool musim ini. Patut dinantikan, mampukah Van Dijk menjaga konsistensi lini belakang Liverpool.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here