Wasit Ini Ciptakan Sejarah Baru di Ligue 1

0
147
Stephanie Frappart

Vivagoal Ligue 1  –  Sebuah momen penting segera tersaji di kancah persepakbolaan Ligue 1 Prancis akhir pekan ini. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah bergulirnya Ligue 1, salah satu laga di pekan ke-34 nanti akan dipimpin langsung oleh wasit perempuan, yakni Stephanie Frappart.

Dikutip dari situs resmi Federation Francaise de Football (FFF), Stephanie Frappart akan memimpin pertandingan antara SC Amiens melawan Racing Strasbourg, Minggu (28/4) dini hari. Rencananya, Stephanie akan dibantu oleh asisten wasit Nicolas Danos dan Aurelien Drouet. Sementara Jeremie Pignard bertindak sebagai official keempat, dan Clement Turpin sebagai wasit VAR.

Buat Stephanie sendiri, kepercayaan memimpin laga di kompetisi Ligue 1 adalah prestasi tertinggi sepanjang kariernya sebagai pengadil lapangan. Sebelumnya, Stephanie lebih banyak berkutat di Ligue 2, serta memimpin laga di ajang Coupe de France dan Coupe de la Ligue.

 

Hingga saat ini, total Stephanie sudah memimpin sebanyak 75 pertandingan di kompetisi kasta kedua sepakbola Prancis.

Baca Juga :  Tira-Persikabo Sesumbar Bakal Dapatkan Poin Penuh di Laga Perdana Liga 1 2019

Stephanie yang baru berumur 35 tahun itu pun mengaku sangat antusias menantikan debutnya di ajang Ligue 1 akhir pekan ini. Hal itu diungkapkannya kepada AFP, sembari menegaskan bahwa dia bukan hanya sekadar pemanis di lapangan tapi merupakan simbol eksistensi perempuan di dunia sepakbola modern.

“Saya ditunjuk menjadi wasit di salah satu pertandingan Ligue 1 karena itu merupakan bentuk pengakuan atas kompetensi dan kinerja saya.” ujar Stephanie dikutip dari France24.

“Saya tidak dibayar dengan bayaran besar, karena saya tidak mau bertugas di Ligue 1 hanya karena saya seorang perempuan.” tambahnya.

Sebelum Stephanie, sebenarnya Ligue juga sudah pernah mempromosikan seorang wasit perempuan bernama Nely Viennot. Namun, selama kiprahnya dari tahun 1998 hingga 2007 silam, Nely hanya bertugas sebagai asisten wasit alias hakim garis. Total ada 147 laga ligue 1 Nely bertugas sebagai bagian dari tim pengadil di lapangan

Selalu update berita bola terbaru seputar Ligue 1  hanya di Vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here