Xavi Pensiun dengan Deretan Rekor Mencengangkan

0
745

VivagoalLa LigaLegenda Barcelona, Xavi Hernandez secara resmi  menyudahi kariernya sebagai pesepakbola pada Selasa (21/5/2019) dini hari. Sederet trofi serta statistik mentereng lantas mengiringi perjalanan Xavi di lapangan hijau.

Kontribusinya pada Barcelona dan timnas Spanyol tak perlu disangsikan lagi. Sederet trofi dan gelar bergengsi diraihnya bersama tim yang bermarkas di Camp Nou itu. Tak hanya itu, kala masih merumput bersama Blaugrana, Xavi sukses menjadi jendral lapangan tengah.

Legenda sepak bola dunia, Pele bahkan mengakui kehebatannya. Begitupun Lionel Messi yang  tidak lepas dari peran Xavi. Tak hanya itu, Xavi pun turut menjadi otak permainan tiki-taka Barcelona.

Dilansir Opta, berikut kami rangkum data statistik Xavi saat masih aktif bermain.

– Xavi menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Barcelona dengan 767 penampilan. Dibawahnya ada Lionel Messi dengan 686 dan Andres Iniesta dengan 674 penampilan.

– Hanya ada sembilan pemain di La Liga yang bisa bermain sampai 500 pertandingan, total ada 505 laga Xavi di La Liga jauh diatas Messi yang baru mencapai 452 laga, namun kalah dari Andoni Zubizarreta yang mengoleksi 622 laga.

– Xavi hanya 13 kali merasakan kekalahan di El Clasico dari 42 aksi. Total ada lima gol yang ia cetak ke gawang Real Madrid.

– Xavi punya rekor baik di derby Catalan. Xavi mengoleksi 25 kemenangan dari 36 pertemuan dan mencetak enam gol ke gawang Espanyol.

– Xavi merupakan pencetak gol ke-1.000 timnas Spanyol. Bersama La Furia Roja, Xavi mencatatkan 133 caps dan menjadi pemain ke-13 yang bisa mengoleksi 100 caps.

–  Xavi menjadi pemain yang paling sering merasakan kemenangan di kompetisi Liga Champions dengan 82 kemenangan sejak melakoni debutnya pada musim 1998/1999.

– Xavi turut menjadi pemain dengan passing terbanyak dalam sejarah Piala Dunia dan Piala Eropa dengan 1892 passing. Di Piala Dunia 2010, Xavi menuntaskan 599 passing, terbanyak setelah Piala Dunia 1966.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here