5 Fakta Dibalik Suksesnya Jebolan Akademi Ajax

0
1581

2.Budaya Permainan

Metode yang dikembangkan dalam Akademi Ajax berfokus pada pelatihan ilmiah, detail permainan, dan penyempurnaan sentuhan bola. Hasil yang diharapkan pun lebih ke bagaimana pemain mengembangkan kreativitasnya dan semangat pada diri pemain bukan tentang hasil yang didapat oleh tim.

Loading...

 

Pemantauan pemain berbakat dilakukan beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun sebelum pemain tersebut diundang untuk bergabung bersama akademi. Ajax pun akan menyimpan berkas secara rinci pada masing-masing pemain mulai dari awal pemain tersebut bergabung dengan akademi.

Dalam akademi sendiri secara konsisten terus melakukan pengembangan diri pemain dan terdapat semacam kompetisi antarpemain untuk menunjukkan kualitas mereka. Bagi para pemain yang memiliki kualitas kurang maksimal akan tersisih dan diberi kesempatan untuk menunjukkan perkembangan permainan mereka. Dengan begitu Akademi Ajax telah menempa para pemain baik secara mental maupun fisik.

Baca Juga :  Mourinho Ungkap Zidane Pelatih Terbaik Madrid

Latihan akan dilakukan terus menerus dan beberapa pemain akan diinstruksikan dan dididik pada tempat dan waktu yang tepat sehingga mereka pantas untuk berada di tim utama. Tuntutan pada masing-masing pemain akademi yakni pada permainan yang mudah dikenali atau berciri khas, menarik, menyerang, kreatif, cepat, dan sportif.

Ajax merupakan penggagas suatu model kepelatihan yang dikenal dengan TIPS yang memiliki arti T=Technique / Teknik, I=Insight / pemahaman, P=Personality / kepribadian, dan S=Speed / kecepatan.

Dalam setiap sesi latihan selalu terdapat delapan komponen penting dalam sepakbola yaitu latihan koordinasi, menendang, mengumpan dan lemparan ke dalam, pergerakan untuk mengecoh lawan, sundulan, penyelesaian akhir, penempatan bermain, dan permainan kecil agar tidak jenuh. Penggabungan antara delapan komponen utama dalam latihan dan metode TIPS menjadi salah satu rahasia suksesnya akademi Ajax.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here