5 Fakta Ketika Liga Indonesia Bernama Liga Bank Mandiri

0
1267
Fakta Liga Indonesia

VivagoalFakta Liga Indonesia – Kompetisi sepak bola di Indonesia mempunyai sejarah yang cukup panjang. Mulai dari sistem Perserikatan pada tahun 1930 hingga 1994, lalu muncul Liga Sepak Bola Utama atau Galatama pada era 1980-an, cukup memberikan warna pada perjalanan sepak bola Indonesia.

Menjelang musim kompetisi 1993/94, tak banyak klub-klub Galatama yang bisa bertahan dari kesulitan finansial. Sungguh berbeda dengan tim-tim Perserikatan yang masih bisa eksis karena ditopang dana APBD. Untuk menyelamatkan klub-klub Galatama tersebut, PSSI akhirnya melakukan sebuah revolusi dengan membuat sebuah kompetisi baru yang menggabungkan Perserikatan dengan Galatama yang menjadi cikal bakal lahirnya Liga Indonesia pada tahun 1994.

Yang unik dari perjalanan Liga sepakbola di Indonesia yaitu ada masa ketika Liga Indonesia tidak lagi disponsori oleh merek rokok, tetapi sebuah bank plat merah. Ini adalah pertama kalinya Liga Indonesia mendapatkan sponsor dari perusahaan non-rokok. Berkat kehadiran sponsor baru ini juga, sepak bola Indonesia kembali hidup setelah berhenti akibat kerusuhan tahun 1998. Salah satu bagian dari sejarah perjalanan panjang Liga Indonesia dengan hadirnya Liga Bank Mandiri (LBM) pada tahun 1999.

Baca Juga :  5 Fakta Kenapa Solskjaer Pantas Jadi Pelatih Permanen MU

Kehadiran bank berplat merah ini membuat PSSI mendapatkan dana yang cukup besar untuk memutar kompetisi. Pada musim 1999/2000, misalnya, PSSI memperoleh dana sponsor sebesar Rp7,2 miliar dari Bank Mandiri, dan masing-masing klub peserta memperoleh bagian pendapatan karena diwajibkan memasang logo bank tersebut di seragam tim, selain juga pemasangan papan iklan di pinggir lapangan. Efektif bergulir pada tahun 1999, Liga Bank Mandiri berhasil menarik perhatian kembali para penggemar sepak bola Indonesia. Klub-klub besar seperti Pelita Jaya, Persija Jakarta, PSM Makassar, Persebaya Surabaya, hingga Arema Malang ikut menyemarakkan kompetisi ini.

LBM pun penuh cerita yang menarik; mulai dari lahirnya ‘tim super’ PSM Makassar, kembalinya Persija menjadi juara Indonesia, hengkangnya Pelita Jaya dari Jakarta ke Solo, hingga perubahan format menghiasi liga ini. Dan berikut 5 Fakta tentang Selama Bergulirnya Liga Bank Mandiri.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here