5 Fakta Legenda Sepakbola yang Pensiun Terlalu Cepat - Vivagoal.com
5 Fakta Legenda Sepakbola yang Pensiun Terlalu Cepat

5 Fakta Legenda Sepakbola yang Pensiun Terlalu Cepat

Heri Susanto - August 17, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Sebagian besar pesepakbola biasanya memutuskan pensiun pasca usianya sudah di atas 35 tahun. Meski begitu, ada pula beberapa nama yang putuskan masih bermain meski usianya sudah menginjak kepala empat.

Usia 35 tahun ke atas dianggap sebagai umur yang tepat bagi pemain untuk gantung sepatu. Pasalnya di usia tersebut, kondisi fisik, mental serta berbagai aspek penunjang dalam bermain sepakbola biasanya sudah menurun. Kemungkinan bermain di level tertinggi pun sudah tak sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Beberapa nama macam Carles Puyol, Thierry Henry, Hendrik Larson hingga Frank Lampard putuskan pensiun di kala usianya sudah di atas 35. Secara fisik, mereka mungkin masih sanggup bermain untuk beberapa tahun lagi. Namun mentalitas mereka sudah tak lagi sama. Hasrat untuk menjadi juara sudah tentu meluntur seiring berjalannya waktu.

Namun, masih ada pula beberapa pemain yang masih putuskan bermain di usia senja. Shinsuke Nakamura, Christian Gonzalez hingga Gianlugi Buffon merupakan tiga dari sederetan pesepakbola yang masih bermain meski usianya sudah menginjak kepala empat. Mereka bahkan belum menyatakan diri ingin berhenti dalam waktu dekat dari lapangan hijau.


Baca Juga:


Namun, ada fakta menarik soal pemain yang putuskan pensiun meski usianya tebilang produktif. Ada berbagai alasan mulai dari sudah mendapatkan segalanya, cedera hingga berkarir di luar dunia sepakbola. Vivagoal sudah merangkum lima pemain berstatus legenda yang justru putuskan pensiun dari lapangan hijau meski usianya belum terlalu tua. Siapa saja? Berikut daftarnya.