5 Fakta Michel Platini, Legenda Juventus

0
406

4. Karir Internasional Platini

Platini

Karir Internasional Platini dimulai saat debut pertamanya bersama timnas Prancis sejak tahun 1976.

Adapun Turnamen besar pertamanya yang ia mainkan yakni Piala Dunia 1978, walaupun saat itu timnas Prancis gagal lolos dari fase grup lantaran berhadapan dengan tim-tim yang sangat kuat.

Baca Juga: 5 Fakta Alasan Bale Sudah Tak Diakui Menjadi Pemain Kelas Dunia

Usai turnamen itu, ia didapuk menjadi kapten timnas Prancis. Saat dia menjabat sebagai kapten, akhirnya Prancis lolos ke babak semifinal Piala Dunia 1982 sebelum dikalahkan tim kuat saat itu, Jerman Barat. Laga itu menjadi salah satu memori terbesar dalam karir sepakbola Platini.

Dalam turnamen Piala Eropa 1984 mungkin menjadi ajang dimana pemain Prancis tersebut menunjukkan kualitas di lapangan sepakbola. Platini membawa Prancis menjadi juara EURO 1984 dimana ia menjadi pemain terbaik, top skor turnamen dan menjadi pemain kunci timnas.

Banyak gelar ia dapatkan dengan mencetak 9 gol. Ini merupakan gol terbanyak di satu edisi EURO dan menjadikannya top skor sepanjang masa Piala Eropa. Tidak hanya itu, ia juga berhasil menorehkan gol di semua laga di Piala Eropa 1984 termasuk mencetak 2 hattrick.

Timnas Prancis juga sempat mendapatkan peringkat 3 pada ajang Piala Dunia 1986. Bila ditotal, Platini telah menorehkan 72 caps untuk timnas Prancis dan berhasil mencetak 41 gol. Ini merupakan rekor gol terbanyak pemain Prancis sebelum dipecahkan Thierry Henry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here