5 Fakta Tim Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Inggris

0
309
5 Fakta Tim Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Vivagoal5 Fakta – Liga Utama Inggris atau juga disebut Liga Primer Inggris (bahasa Inggris: Premier League), sebelumnya disebut dengan F.A.

Premier League adalah sebuah kompetisi liga sepak bola profesional di Inggris yang merupakan kompetisi antar klub kasta tertinggi di negara Inggris.

Sebelumnya mendapat dukungan sponsor dari Barclays Bank sehingga nama resminya menjadi Barclays Premier League. Di luar Britania Raya biasa disebut dengan English Premier League. Dan kini kembali menjadi Premier League

Sebelum dibentuk Premier League pada tahun 1992, kompetisi liga sepak bola profesional tingkat tertinggi di Inggris adalah Liga Sepak Bola Divisi Pertama (Football League First Division).

Menjelang akhir musim 1991-92, beberapa klub sepak bola teratas memisahkan diri dari liga sepak bola setelah membuat kesepakatan-kesepakatan menguntungkan dengan stasiun televisi. Pada tanggal 20 Februari 1992 dibentuk format kompetisi baru dengan nama FA Premier League dengan jumlah anggota sebanyak 22 klub pada musim pertama.

Liga Primer adalah liga sepak bola yang paling banyak ditonton di dunia, disiarkan di 212 wilayah kepada 643 juta pemirsa.

Baca Juga :  Urung Disanksi, Raiola Percepat Transfer De Ligt dan Pogba

Pada musim 2014–15 rata-rata jumlah kehadiran penonton dalam setiap pertandingan Liga Utama Inggris adalah 36.000, yang merupakan jumlah tertinggi kedua dari liga sepak bola profesional Jerman, Bundesliga, dengan tingkat hunian stadion adalah 92,2%.

Liga Primer juga mendapat peringkat koefisien liga pertama dari UEFA berdasarkan penampilan di kompetisi Eropa selama lima tahun terakhir.

Format baru Liga Inggris yang diperkenalkan sejak 1992, membuat kompetisi tersebut kian sengit. Persaingan yang tercipta di kasta teratas akhirnya melahirkan tim-tim hebat yang mencatat sejarah. Mulai dari jumlah poin, gol yang dicetak, hingga status tak terkalahkan.

Tingginya jumlah uang yang beredar, ditambah kemampuan manajerial yang mumpuni, membuat tim-tim Liga Inggris berkembang dari status biasa saja menjadi super. Dominasi tersebut tidak hanya di kompetisi domestik, tetapi juga merembet ke Eropa.

Sebut saja Manchester United yang bisa dua kali mengawinkan trofi Liga Inggris dengan Liga Champions. Namun, ada lima tim yang pantas disebut sebagai yang terbaik di sepanjang sejarah Liga Inggris.

Berikut VIGO merangkum 5 Fakta Tim Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Inggris, Siapa saja?

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here