5 Pesepakbola Terbaik yang Mengharumkan Uruguay

0
2454

3. Diego Forlan

Diego Martin Forlan Corazo atau yang lebih dikenal dengan nama Diego Forlan adalah penyerang tim nasional Uruguay. Forlan lahir pada bunda kota Uruguay, Montivedo dalam 19 Mei 1979. Forlan lahir pada keluarga sepak bola. Ayahnya, Pablo Forlan, adalah mantan pemain timnas Uruguay pada Piala Dunia 1966 di Inggris serta 1974 pada Jerman Barat.

Baca Juga: 5 Fakta Pesepakbola Dunia yang Bangkit dari Kemiskinan

Kakek Forlan, Juan Carlos Corazo, merupakan mantan pemain Independiente (Argentina). Diego Forlan memiliki dua kewarganegaraan, Uruguay dan Spanyol.

Usai sukses bersama bermain dengan negaranya, Forlan bergabung dengan Manchester United dalam Januari 2002 dengan biaya  transfer senilai 7 juta poundsterling. Debutnya beserta Setan merah adalah dalam 29 Januari 2002 saat menghadapi Bolton Wanderes.

Awal karirnya pada Old Trafford tidak berjalan mulus karena Forlan baru mencetak gol dalam 18 September 2002 ketika menghadapi Maccabi Haifa (Israel) pada babak penyisihan kelompok Liga Champions. Butuh 27 pertandingan bagi Forlan untuk mencetak gol perdananya bagi MU.

Forlan pindah ke Villareal pada musim 2004-2005 serta dirinya meraih gelar El Pichichi (pencetak gol terbanyak) dalam musim pertamanya pada La Liga. Forlan turut membawa Villareal untuk pertama kalinya dalam sejarah klub meraih tiket Liga Champions serta menjadi pencetak gol terbanyak di Eropa beserta Thierry Henry.

Selain itu,Diego Forlan Corazo pernah membawa Uruguay di tempat keempat pada ajang sepak bola 4 tahunan paling bergensi di dunia, Piala Dunia di Afrika Selatan 2010 dan ketika Diego Forlan menjadi top skor dengan 5 gol setara dengan jumlah gol dari Thomas Muller, Wesley Sneijder, dan David Villa.

Setahun kemudian Forlan membawa Uruguay juara Copa America di Argentina. Saat itu pertandingan final melawan Paraguay dengan skor telak 3-0. Diego Forlan mencetak 2 gol dan membawa negaranyake posisi teratas dalam perolehan gelar juara Copa America sebanyak 15 kali

Prestasi Individu Forlan tidak main-main, dua kali menjadi top skor La Liga di tahun 2005 dan 2009 saat masih berseragam Atletico Madrid dan Pemain Terbaik Piala Dunia 2010 bersama negara menjadi bukti gelar yang diraih Forlan adalah kontribusi nyata untuk tim yang dibela.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here