PERSIJA VS PERSIB
Momen menarik dalam laga Persija Jakarta vs Persib Bandung. (Vivagoal.com/Amirul Mukmin)

Dominasi Apparel Jersey Lokal di BRI Liga 1 2023/24

Taufik Hidayat - September 12, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Indonesia – Sebuah fakta menarik mewarnai Gelaran BRI Liga 1 2023/24. Brand lokal nyatanya mendominasi apparel jersey klub-klub peserta.

Jersey menjadi identitas dan jati diri setiap klub sepakbola. Begitu juga 18 klub BRI Liga 1 2023-2024 yang terus mempercantik jersey masing-masing sesuai dengan filosofi dan warna kebanggaan.

Istimewanya mayoritas klub memilih identitasnya tersebut dengan brand apparel lokal. Untuk BRI Liga 1 musim ini, hanya Persik Kediri yang menggunakan jersey dari apparel luar negeri.

Sementara klub-klub besar seperti Persija Jakarta dan Persib Bandung berani berkolaborasi dengan apparel lokal. Keputusan ini nyatanya membuat klub banyak melakukan inovasi untuk memuaskan para suporternya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BRI Liga 1 (@liga1match)

Persija kini menggaet Juara sebagai apparel jersey-nya. Kedua pihak kerap mengeluarkan seragam edisi spesial nan tematik seperti saat HUT DKI Jakarta dan ulang tahun klub.

Hal tak jauh berbeda juga dilakukan Persib yang setia menggandeng Sportama. Padahal Pangeran Biru tentu tak akan kesulitan menggaet apparel ternama jika mau karena sudah memiliki nilai jual yang tinggi.

Tak terkecuali Bali United yang masih memakai brand berpengalaman yaitu Specs sebagai official apparel resmi. Kombinasi tiga warna sesuai dengan julukan Serdadu Tridatu yang selama ini melekat dengan Bali United.

Bali United punya alasan kuat menggandeng brand lokal sebagai apparrel. Hal itu diungkapkan oleh sang Chief Executive Officer (CEO), Yabes Tanuri.


Baca Juga:

 

“Kami dari Bali United sudah memasuki tahun kedua melangsungkan kerja sama brand apparel jersey dengan Specs, sebagai salah satu apparel lokal. Menurut kami, selain karena alasan kualitas bahan yang nyaman buat pemain di lapangan, harga yang terjangkau untuk para suporter Bali United juga menjadi pertimbangan utama lainnya,” kata Yabes Tanuri.

Kepercayaan klub kepada apparel lokal tentu menjadi keuntungan ekonomi bagi pemilik brand. Hal itu dirasakam langsung oleh apparel Persija, Juaraga.

Pemilik Juaraga, Mochtar Sarman mengatakan terjadi peningkatan brand awareness di Masyarakat terhadap produknya. Hal ini tentu ada hubungannya dengan nama besar Persija dan basis suporternya yang tak kalah besar.

“Melalui Liga 1, kami dapat meningkatkan kesadaran merek kami di kalangan penggemar sepakbola yang luas. Klub Liga 1 memiliki basis penggemar yang besar dan setia, yang akan memberi kami jangkauan yang lebih luas untuk memperkenalkan produk-produk unggulan kami,” kata Mochtar Sarman.

“Kolaborasi kami dengan klub Liga 1 memberi kami peluang untuk menghadirkan desain-desain yang unik dan berani dalam apparel resmi klub. Ini adalah platform kreatif yang memungkinkan kami untuk menggabungkan identitas klub dengan estetika inovatif kami.”

Tren Kemenangan Berlanjut, Bali United Gilas Dewa United 3-1
Sumber: Twitter/Bali United

Kondisi ini tentu saja menghidupi Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) di dalam lingkup sepak bola khususnya BRI Liga 1 2023/24. Itu sejalan dengan riset yang menunjukkan perputaran uang di kompetisi ini sebesar Rp9 triliun.

Hal ini juga sejalan dengan alasan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menjadi sponsor utama kompetisi sepak bola kasta tertinggi Indonesia tersebut. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu memang ingin BRI Liga 1 turut membantu meningkatkan perekonomian Indonesia.

“Kompetisi BRI Liga 1 musim 2023-24 akan memberikan dampak positif secara ekonomi bagi stakeholder utamanya untuk menghidupkan mata rantai ekonomi kerakyatan dan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM,” imbuh Direktur Utama BRI, Sunarso. #BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola

Selalu update berita terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com