Debut Bersama Timnas, Shin Tae-yong Puji Penampilan Calvin Verdonk
Penggawa Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, di laga kontra Timnas Filipina, Selasa (12/6) malam WIB. Foto: VIVAGOAL/Amirul Mukmin

Calvin Verdonk Lebih Suka Dipasang Jadi Bek Tengah

Taufik Hidayat - October 21, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga IndonesiaCalvin Verdonk ternyata sangat menikmati perannya sebagai bek tengah bersama Timnas Indonesia. Padahal posisi aslinya adalah bek kiri.

Verdonk merupakan bek kiri utama NEC Nijmegen di Eredivisie Belanda. Ia juga kerap menjalani peran serupa bersama Timnas Indonesia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vivagoal (@vivagoal)

Namun Verdonk juga sempat dicoba untuk bermain sebagai bek tengah. Momen itu terjadi pada laga kontra Arab Saudi dan China.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memainkan Verdonk di sisi kiri dalam skema tiga bek tengah. Pemain berusia 27 tahun tersebut ternyata sangat menikmati peran tersebut.


Baca Juga:


“Saya suka sistem itu (tiga bek tengah). Anda tidak memiliki banyak duel dengan penyerang tinggi, banyak waktu menguasai bola, membangun serangan yang bagus, dan memiliki permainan di depan Anda,” kata Verdonk dilansir dari ForzaNEC.

“Namun, saya juga suka bermain di tengah dengan sistem empat bek, karena Anda lebih terlibat dalam permainan dibandingkan sebagai bek kiri.”

Pernyataan tersebut terbilang mengejutkan. Verdonk dikenal sebagai bek sayap agresif yang aktif membantu serangan.

Debut Bersama Timnas, Shin Tae-yong Puji Penampilan Calvin Verdonk
Penggawa Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, di laga kontra Timnas Filipina, Selasa (12/6) malam WIB.
Foto: VIVAGOAL/Amirul Mukmin

Namun peran sebagai bek tengah tampaknya membuat Verdonk lebih nyaman. Salah satu alasannya karena ia tak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk naik dan turun.

“Sebagai bek sayap, Anda seringkali berhadapan dengan pemain yang cepat dan lincah. Terkadang pemain kidal yang lebih suka masuk ke dalam,” tambahnya.

“Itu berarti Anda harus lebih banyak berputar dan balik badan. Saya tidak mengatakan saya lebih suka bermain di tengah, tetapi itu lebih menyenangkan.”

Selalu update berita terbaru seputar  Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com