Teknik dan Penelitian Free Kick Lionel Messi

Teknik dan Penelitian Tendangan Bebas ala Lionel Messi

Fido Moniaga - December 17, 2018
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa Liga – Superstar Barcelona, Lionel Messi dikenal memiliki tendangan bebas yang mematikan. Ragam bukti telah La Pulga sajikan. Terakhir, Ia mencetak dua gol dari eksekusi bola mati saat Barcelona menggilas Espanyol 4-0 akhir pekan lalu.

Ada puluhan penjaga gawang, baik di level La Liga Spanyol, Liga Champions, sampai kiper Piala Dunia sudah pernah merasakan tidak enaknya dibobol free kick Messi.

Berdasarkan catatan Marca, penyerang berusia 31 tahun itu pertama kali membuat gol melalui bola mati pada musim 2008/09 alias tiga musim sejak ia memulai debutnya di tim senior Los Cules musim 2004/2005.

Masih menurut Marca, gol tendangan bebas pertama Messi itu lahir setelah melalui 13 percobaan. Dan sejak itu, Messi mulai rutin mencetak minimal tiga gol dari eksekusi tendangan bebas selama 10 musim beruntun.

Di musim ini saja, Messi sudah melesakkan 4 gol melalui tendangan bebas. Rinciannya, satu saat Barcelona bertemu Alaves di pekan pertama liga Spanyol, berlanjut saat Barca bertandang ke markas PSV Eindhoven di ajang Liga Champions, terakhir di derby Catalan kontra Espanyol akhir pekan lalu.

Total, Messi sudah mengoleksi 44 gol dari tendangan bebas sepanjang kariernya. Gol-golnya itu ia dapatkan di La Liga Primera sebanyak 38 kali, dan 6 saat berseragam timnas.

Dilansir dari Marca, kehebatan La Messiah mengeksekusi bola mati dalam dua musim terakhir tidak lepas dari rutinitas latihan dan perubahan teknik yang dilakukan kapten El Barca itu. Tak bisa dipungkiri juga bantuan vanishing spray yang digunakan oleh wasit dan membuat posisi pagar hidup jadi 9,5 meter dari titik tendangan.

Berdasarkan analisis Marca, salah satu perubahan paling mendasar yang dilakukan Messi saat mengambil tendangan bebas adalah merubah posisi kaki tumpuannya.

Di awal-awal kariernya, Messi menggunakan bagian luar kaki kanannya sebagai tumpuan, namun cara itu malah menjadikan Messi kerap kehilangan keseimbangan dan kontrol pada akurasi tembakan.

Tapi sekarang, Messi menggunakan seluruh tapak kaki kanannya untuk menapak tanah agar meningkatkan presisi free kick nya. Selain itu, Messi juga merubah posisi dada dan pundaknya seperti busur dan menjadi bagian terpenting dari semua proses mengambil tendangan bebas.

Tak heran jika Messi sekarang adalah eksekutor bola mati yang jauh lebih mematikan dibandingkan di awal-awal kariernya.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com