Arsene Wenger Siapkan Misi Ubah Aturan Offside

0
95
Arsene Wenger

Vivagoal Liga Inggris –  Arsene Wenger yang saat ini menjabat sebagai kepala perkembangan global FIFA berencana mengajukan perubahan besar terhadap peraturan offside yang mulai dikritik sejak penggunaan VAR.

Penggunaan VAR di Inggris memang sedikit berbeda dengan kompetisi lain. Hal yang paling mencolok adalah peraturan di mana wasit tidak diwajibkan untuk melihat monitor secara langsung saat VAR digunakan. Sang pengadil lapangan hanya mengandalkan instruksi wasit VAR yang umumnya berada di ruangan tertentu.

Selain itu ada aturan yang cukup memberatkan dimana pemain dinyatakan offside apabila bagian tubuh manapun yang bisa mencetak gol telah melewati bek terakhir lawan. Mengacu pada peraturan tersebut, Premier League kerap menganulir gol saat  anggota badan sang pencetak gol telah melewati garis offside termasuk, telapak kaki offside, sampai pinggang offside.

Wenger kemudian beritikad untuk merubah peraturan tersebut atau setidaknya membuatnya lebih jelas. Dilansir dari Metro, Wenger ingin pemain dinyatakan onside apabila bagian tubuh mereka yang terhitung sah mencetak gol berada di posisi yang sama atau di belakang bek terakhir.

Baca Juga: Ditinggal Dua Pemain Kunci, Pelatih Barito Kebingunan

Di sini, ada sebuah perbedaan besar antara ‘bagian tubuh mana pun’ dengan ‘bagian tubuh yang sah’ untuk mencetak gol. Poin ini lah yang ingin diperjelas oleh Wenger. Ia juga optimis perubahan ini tidak berpengaruh pada pertandingan, tapi juga memudahkan pekerjaan wasit. VAR rentan kesalahan.

Rencananya Wenger akan mengajukan usulan ini pada pertemuan umum IFAB di Belfast pada 29 Februari mendatang. Jika ada dua per tiga suara yang sepakat dengan Wenger, aturan baru ini bakal diberlakukan sebelum Euro 2020 mendatang.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here