Baru Dua Laga, Belanda Sudah Dipastikan Jadi Juara Grup - Vivagoal.com
Timnas Belanda Wajib Evaluasi! Kenapa?
Sumber: Irish Mirror

Baru Dua Laga, Belanda Sudah Dipastikan Jadi Juara Grup

A Hendra - June 18, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Timnas Belanda sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Hebatnya lagi, De Oranje juga telah memastikan diri keluar sebagai juara grup C, meski tersisa satu laga terakhir.

Belanda menghadapi Austria pada laga kedua Grup C di Amsterdam ArenA, Jumat (18/6) dini hari WIB. Memphis Depay membuka keunggulan di menit ke-11 lewat tendangan penalti. Lalu, Denzel Dumfries menggandakan skor di menit ke-67 sekaligus menegaskan kemenangan Belanda 2-0 atas tim lawan.

Tambahan tiga poin ini juga sekaligus membuat Belanda bisa mengunci satu tiket ke fase gugur untuk pertama kalinya sejak Piala Eropa edisi 2008. Namun yang menarik kemudian adalah Belanda juga sudah memastikan diri sebagai juara Grup C Euro 2020 meski baru memainkan dua laga. Sementara masih ada sisa satu laga dan selisih poin dengan Austria serta Ukraina cuma tiga poin.

Jika Belanda kalah dari Makedonia Utara di partai terakhir, salah satu dari Austria atau Ukraina menang, maka total enam poin yang dipunya Belanda bakal bisa disamai. Tapi jika ada dua tim dengan poin sama, UEFA memiliki aturan tersendiri.


Baca Juga:


Menurut aturan UEFA, jika Belanda punya poin sama dengan Austria atau Ukraina, maka tim asuhan Frank de Boer itu yang berhak jadi juara grup. Sebab, Belanda unggul head-to-head atas Austria maupun Ukraina.

Sebelum mengalahkan Austria, Belanda membekuk Ukraina 3-2 di partai pertama. Nantinya Belanda dengan status sebagai juara grup maka akan bertemu salah satu dari peringkat ketiga Grup D, E, atau F. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com