Beda Jose Mourinho dan Nuno Espirito di Mata Pemain Spurs - Vivagoal.com
Beda Jose Mourinho dan Nuno Espirito di Mata Pemain Spurs
Jose Mourinho dan Nuno Espirito Santo, Foto: dok Twitter @FutbolBilble

Beda Jose Mourinho dan Nuno Espirito di Mata Pemain Spurs

A Hendra - October 27, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Inggris – Tanguy Ndombele pernah merasakan sentuhan tangan dingin dua juru taktik asal Portugal, Jose Mourinho dan Nuno Espirito Santo. Bagaimana pandangan Ndombele terhadap keduanya?

Jose Mourinho merupakan eks manajer Tottenham Hotspur selama 2,9 bulan, tepatnya sedari 20 November 2019 hingga 19 April 2021. Sementara Nuno Espirito Santo adalah suksesor Jose Mourinho yang ditunjuk menangani The Lilywhites sedari awal musim ini.

Selama menangani Tottenham, performa Mourinho sejatinya tak begitu buruk. Berdasarkan catatan Transfermarkt, pria yang menjuluki dirinya sebagai The Special One itu mampu membukukan 45 kemenangan, dengan 17 kali imbang dan cuma menderita 24 kemenangan dalam 86 pertandingan. Persentase kemenangannya mencapai 52 persen.

Jose Mourinho sendiri nyaris menyumbangkan trofi pertama buat Harry Kane dkk setelah 14 tahun lamanya, namun sayang ia dipecat hanya empat hari jelang final Piala Liga Inggris kontra Manchester City.

Ada pun kinerja Nuno Espirito sepanjang musim ini belum bisa dikatakan bagus, dengan baru mengemas 5 kemenangan dalam 9 pertandingan pertama di Liga Inggris dan telah menderita kekalahan sebanyak 4 kali. Bersama Nuno, Tottenham juga begitu tumpul di lini depan dengan cuma mengemas 9 gol atau rata-rata 1 gol per game.


Baca Juga:


Sementara gawang Hugo Lloris sejauh ini sudah kebobolan sebanyak 13 gol atau defisit 4 gol dalam 9 pertandingan. Statistik minor ini membuat Tottenham untuk sementara harus puas menempati peringkat ke-6 klasemen Premier League.

Tanguy Ndombele sendiri mulai menyedot perhatian ketika masih ditangani Jose Mourinho di Tottenham. Meski tak ada trofi yang bisa dimenangkan, Ndombele mampu menjelma menjadi salah satu gelandang andalan The Gunners dengan torehan 57 penampilan di seluruh kompetisi dan mampu menyumbangan 6 gol dengan 5 assist.

Sementara bersama Nuno musim ini, Ndombele bukanlan pilihan utama di lini tengah Tottenham dan membuatnya baru mengemas 5 penampilan di Liga Inggris dengan dua diantaranya sebagai pemain pengganti dan tercatat baru sekali dimainkan penuh selama 90 menit.

Merujuk pada keseluruhan statistik itu, saat ditanya perbedaan semasa ditangani Jose Mourinho dengan Nuno, eks pemain Olympique Lyon itu menilai ada banyak perbedaan, salah satunya Mourinho adalah manajer yang tangguh, dan begitu fokus pada perkembangan tim dan pemain, sementara Nuno cenderung lebih pendiam.

“Setiap pelatih punya gayanya sendiri. mereka adalah dua orang yang sangat berbeda,” ucap Ndombele dikutip dari Tribal Football.

“Jose seseorang yang memiliki gaya manajerial yang tangguh, dan dia selalu fokus untuk pengembangan klub. Nuno adalah pria yang baik, tapi dia lebih pendiam dan sibuk dengan dirinya sendiri,” jelas Ndombele.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com