Bersiap Jadi WNI, Marc Klok Sudah Bekali Diri Lewat Hal Ini

0
440
Bersiap Jadi WNI, Marc Klok Sudah Bekali Diri Lewat Hal Ini

Vivagoal – Liga Indonesia – Ambisi untuk menjadi warga negara Indonesia membuat gelandang PSM Makassar, Marc Anthony Klok, kian getol belajar soal budaya di tanah air, termasuk Bahasa Indonesia. Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, Bahasa Indonesia pemain asli Belanda itu sudah cukup lancar.

Marc Klok bergabung dengan PSM pada 2017 silam. Saat ini, gelandang 25 tahun itu sedang dalam proses untuk pindah kewarganegaraan dari Belanda ke Indonesia. Kendati demikian, Klok belum tahu kapan ia akan resmi jadi pemain naturalisasi.

Memasuki musim ketiganya bersama PSM, Marc Klok sudah lancar menjawab pertanyaan sejumlah pewarta. Tapi, ia mengaku masih menemui kendala, yakni masih sulit mencerna percakapan lewat bahasa Indonesia, namun fasih ketika diminta melafalkannya.

“Saya mau cepat belajar bahasa Indonesia, makanya saya pergi belajar ke universitas, dan sekarang saya bisa bertanya dan mengerti. Tapi kalau untuk bertanya ke saya dalam bahasa Indonesia, harus pelan-pelan.” jelas Klok.

“Di Indonesia, ada banyak dialek. Untuk sekarang, saya lebih mudah berbicara dengan dialek Makassar. Tapi jika ada orang Jakarta yang berbicara dengan saya, tetap harus pelan-pelan, biar saya mudah mengerti.” imbuhnya.

Klok sendiri memiliki peran vital di tim Juku Eja. Sosoknya sebagai pembagi bola serta pemutus serangan lawan di lini tengah seakan tidak tergantikan. Terbukti, sedari awal kedatangannya, Klok sudah mampu mengemas 57 penampilan bersama PSM.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here