Bukan Gerrard, Tapi Xabi Alonso Paling Pas Gantikan Klopp di Liverpool - Vivagoal.com
Bukan Gerrard, Tapi Xabi Alonso Paling Pas Gantikan Klopp di Liverpool
Xabi Alonso, Foto: dok Goal

Bukan Gerrard, Tapi Xabi Alonso Paling Pas Gantikan Klopp di Liverpool

A Hendra - March 24, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga InggrisJurgen Klopp sudah menciptakan cerita sukses selama berkarier sebagai manajer Liverpool. Andai nantinya Klopp pergi, Xabi Alonso dinilai suksesor paling pas ketimbang eks ikon The Reds, Steven Gerrard.

Jurgen Klopp telah menakhodai Liverpool sejak awal musim 2015/2016. Dalam kurun waktu tujuh musim terakhir, Klopp bisa dibilang sukses Liverpool menjadi salah satu tim yang begitu disegani baik di Premier League maupun Eropa.

Meski Premier League dalam enam musim terakhir begitu didominasi oleh Manchester City, namun keberadaan Klopp membuat City seperti mendapat lawan sepadan. Termasuk soal urusan menjebol gawang lawan.

Bukan Gerrard, Tapi Xabi Alonso Paling Pas Gantikan Klopp di Liverpool
Jurgen Klopp, Foto: dok Bola Okezone

Sebagai bukti, statistik Liverpool dalam empat musim terakhir di Premier League begitu mentereng. Pada musim 2018/2019, The Reds mampu mencetak hingga 89 gol. Berlanjut di musim berikutnya dengan torehan 85 gol, lalu ada 68 gol dan jumlah 94 gol di musim lalu.

Secara keseluruhan, dalam tujuh musim menangani The Reds, Klopp sudah berhasil menyumbangkan tujuh gelar juar. Diantaranya, satu trofi Liga Champions, satu Piala Super Eropa dan satu gelar Liga Inggris.


Baca Juga:


Dengan sederet pencapaian mantap itu, yang jadi pertanyaan kemudian adalah siapa sosok paling pas andai Klopp nanti pergi dari Anfield. Apalagi, gema Klopp Out musim ini terus menggema setelah Liverpool gagal total dengan dipastikan nirgelar di akhir musim, plus tertatih-tatih di Liga Inggris.

Ada yang menilai Steven Gerrard cocok untuk menjadi manajer The Reds berikutnya. Namun ada juga yang merasa Gerrard bukanlah pilihan yang ideal untuk menggantikan Klopp dan menunjuk Xabi Alonso yang saat ini menangani Bayer Leverkusin sebagai kandidat pengganti paling ideal untuk Klopp.

Bungkam VfB Stuttgart, Xabi Alonso Janjikan Performa yang Lebih Baik Tahun Depan
Sumber: archysport.com

“Jika dia melanjutkan perkembangannya dalam manajemen, maka saya bisa melihatnya dalam 3/4 tahun akan didapuk sebagai penerus Klopp,” kata seorang penggemar Liverpool di Twitter tentang Alonso.

“Jika pada akhirnya kami akan dilatih oleh mantan pemain lainnya, saya lebih memilih Xabi daripada Stevie (Gerrard).” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com