Bundesliga Harus Berbenah Agar Tak Tertinggal

0
268
Bundesliga Harus Berbenah Agar Tak Tertinggal

VivagoalBundesliga – Sejak 10 musim terakhir, klub-klub asal Jerman selalu menelan hasil pahit di laga-laga kompetisi Eropa.

Secara keseluruhan, pelatih Bayern Munchen, Niko Kovac mengatakan bahwa klub Bundesliga tak punya banyak uang sehingga tidak ada pemain hebat yang mau datang.

Di ajang Liga Champions dan Liga Europa musim ini, tim asal Premier League berhasil mematahkan dominasi klub asal Spanyol yang sudah mendominasi sejak musim 2010/2011. Di sisi lain, tak ada tim asal Jerman yang bisa berbicara banyak di dua ajang kompetisi Eropa.

 

Wakil-wakil di Liga Champions seperti Bayern Munchen, Borussia Dortmund, dan Schalke 04 semuanya rontok di babak 16 besar. Hasil serupa dicatatkan wakil-wakil mereka di Liga Europa, yakni Eintracht Frankfurt, Leverkusen, dan RB Leipzig.

Kondisi ini kemudian disoroti oleh Kovac. Menurutnya, La Liga dan Premier League bisa memberikan penawaran yang lebih baik untuk pemain-pemain kelas dunia, sementara Bundesliga perlu mencari cara untuk berbenah dengan segera, selain beralasan soal sumber daya finansial.

“Pemain-pemain terbaik tidak akan memilih Bundesliga untuk melanjutkan karirnya. Mereka lebih senang ke Inggris atau Spanyol. Apa karena Jerman punya kualitas hidup yang kurang baik, tidak, tapi disini uang alasan utamanya.” jelas Kovac kepada Bayern TV dikutip dari Sport1.

“Kita harus akui Liga Inggris dan LaLiga adalah kompetisi terbaik dunia. Mereka punya banyak pemain kelas dunia yang bisa membawa mereka berbicara banyak di kompetisi Eropa. Sementara klub-klub kami kalah meski melawan klub dengan sumber finansial terbatas di Liga Europa.” tambahnya.

“Bundesliga harus bercermin, sepakbola Jerman seharusnya fokus ke soal perbaikan performa, bukan melulu soal uang. Lihat lah tim muda penuh potensi seperti Ajax, kemudian di Spanyol ada Sevilla, Valencia, Real Betis yang bisa berbicara di Liga Europa. Sementara Jerman, hanya punya Bayern dan Dortmund. Kami kekurangan kualitas dan finansial.” tegas Kovac.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here