‘Cristiano Effect’ Buat Juventus Meraup Keuntungan Berkali Lipat

0
73
‘Cristiano Effect’ Buat Juventus Meraup Keuntungan Berkali Lipat

Vivagoal Serie ABak mitologi Yunani, Cristiano Ronaldo seperti Raja Midas yang bisa mengubah apapun yang disentuhnya menjadi emas. Kini Juventus menjadi klub yang mendapat keuntungan besar dari tuah Ronaldo.

Setelah Manchester United dan Real Madrid, kini Juventus meraup keuntungan besar yang berkali lipat dari kedatangan Ronaldo. Bukan hanya dari segi prestasi, kehadiran bintang asal Portugal itu membuat mereka berhasil meraih pemasukan yang begitu besar.

Menurut surat kabar Italia, Gazzetta dello Sport, Juventus samapi saat ini sudah berhasil menjual lebih dari satu juta jersey sejak kedatangan Ronaldo, tepatnya 1.315.000 jersey (saat laporan ini dibuat).

Baca Juga: Mendes: Cristiano Ronaldo Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah!

Jumlah itu, dengan harga penjualan per biji 130 euro, menghasilkan total pendapatan sebesar 170 juta euro. Memang ada biaya produksi, distribusi, dan biaya-biaya lain sebagainya di dalam angka itu, tapi jelas Juve mendapatkan keuntungan besar hanya dari penjualan kaos.

Kemudian, ‘Cristiano effect’ ini tidak terjadi hanya dalam penjualan jersey. Juve juga mengalami loncatan pendapatan dari sponsorship dan advertising dari yang sebelumnya 86,8 juta euro kini menjadi 108,8 juta euro, meningkat 21,9 juta euro sejak kedatangan Ronaldo.

Tidak berhenti di sana, fans Juventus juga meroket setelah kedatangan Ronaldo. Total ada 38 juta fans baru yang melengkapi total 423.000.000 total fans Juventus dari hasil studi Nielsen Sports, yang mengambil data dari 45 negara di seluruh dunia.

Catatan tersebut membuat Juve naik tiga peringkat dalam jumlah suporter di seluruh dunia, dari peringkat ke-11 naik ke peringkat ke-8.

Kendati sempat mendapat kritik saat mendatangkan Ronaldo, namun bukti-bukti di atas berhasil membungkam kritik tersebut.

Juve menghabiskan 100 juta euro untuk mendapatkan Ronaldo dari Madrid, plus 12 juta euro lainnya dalam bentuk bonus. Angka-angka tersebut tentu akan terbayar lunas dalam waktu singkat.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here