Cukup Satu Assist, Kevin De Bruyne Ciptakan Rekor Langka di Dunia - Vivagoal.com
Tak Rayakan Gol ke Gawang Denmark, De Bruyne: Saya Hormati Eriksen
(Photo: Getty Images/Stuart Franklin via Detik Sport)

Cukup Satu Assist, Kevin De Bruyne Ciptakan Rekor Langka di Dunia

A Hendra - June 18, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne menjadi bintang kemenangan Belgia atas Denmark. Pemain berusia 29 tahun tersebut bahkan sukses mencatatkan sebuah rekor yang jarang bisa dilakukan banyak pemain di dunia.

Kevin De Bruyne tampil mengesankan di laga Belgia vs Denmark pada lanjutan matchday kedua Grup B Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Kamis (17/6) malam WIB. De Bruyne masuk pada babak yang kedua, setelah Belgia tertinggal 0-1 dari Denmark berkat gol Yussuf Poulsen di babak pertama.

Masuknya De Bruyne menggantikan Dries Mertens di menit ke-46, langsung bisa membuat dampak di lapangan. De Bruyne, yang sempat cedera tulang rongga mata sebelum Euro 2020, berperan dalam terciptanya gol penyama kedudukan pada menit ke-54.

Umpan manisnya bisa diselesaikan Thorgan Hazard untuk menjebol gawang Denmark dan membuat keadaan kembali imbang 1-1. Kemudian di menit ke-70, Kevin De Bruyne sendiri yang memastikan Belgia berbalik unggul atas Denmark, memanfaatkan umpan dari Eden Hazard.


Baca Juga:


Buat De Bruyne sendiri torehan satu assistnya di laga itu membuatnya sukses menciptakan sebuah rekor langka. Berdasarkan catatan Opta, De Bruyne jadi pemain pertama di Eropa, yang bisa bikin assist di empat turnamen utama, yakni dua Piala Dunia dan dua Piala Eropa.

Di pentas Piala Dunia, De Bruyne tercatat membuat dua assist pada Piala Dunia edisi 2014 dan 2018. Kemudian mantan pemain Chelsea itu mengkreasikan tiga assist di Euro 2016, dan kini satu assist sudah dibuat di Euro 2020.

Total, De Bruyne sendiri sudah membuat 39 assist untuk Timnas Belgia, plus melesakkan 22 gol. Penampilan impresifnya  pun berhasil membawa The Rode Duivels melaju ke babak 16 besar Euro 2020.

Saat ini, Belgia memimpin Grup F dengan poin sempurna, enam poin dari dua laga. Skuad Belgia menjadi negara kedua yang bisa maju ke babak selanjutnya setelah Timnas Italia. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com