Data dan Fakta Haaland Layak Dapat Trofi Golden Boy Award 2020

0
38
Erling Haaland
Foto: Anfield Central

Vivagoal Bundesliga Golden Boy Award 2020 sudah resmi diserahkan kepada Erling Haaland. Tidak banyak pro dan kontra soal kemenangan Haaland ini, karena biar bagaimanapun, berdasarkan catatan statistik Haaland memang layak memenangi Golden Boy Award.

Sebagai informasi, Golden Boy Award adalah penghargaan yang diberikan kepada pesepakbola terbaik dibawah usia 20 tahun. Ajang bergengsi ini merupakan hajatan milik media olahraga kenamaan asal Italia, Tuttosport.

Haaland sendiri dinobatkan sebagai pemenang Golden Boy Award 2020 dengan mengalahkan rekan setimnya, Jadon Sancho yang berada di urutan kedua dan Ansu Fati yang duduk di posisi ketiga disusul oleh Alphonso Davies.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, pada dasarnya Golden Boy Award memang diperuntukkan bagi pemain muda usia yang menonjol secara individual. Merujuk pada tolok ukur itu, maka tidak ada alasan Haaland tidak disodori Golden Boy Award 2020.

Musim 2019/2020 kemarin memang tidak bisa dipungkiri Haaland menjalani periode yang tidak begitu oke. Bersama RB Salzburg dan Borussia Dortmund, Haaland sudah kandas di fase grup dan babak 16 besar Liga Champions. Selain itu, Haaland yang pindah ke Dortmund di paruh kedua musim, gagal membantu Die Borussen memenangi Bundesliga Jerman.

Tapi dua rivalnya yakni Jadon Sancho dan Ansu Fati juga demikian. Terkhusus Ansu Fati, pemain berusia 18 tahun itu bahkan harus menutup musim dengan cara sangat memalukan, yakni dibantai Bayern Munchen 2-8 di babak perempatfinal Liga Champions.


Baca Juga:


Namun berbicara soal ketajaman Haaland di benua biru tidak terbantahkan sepanjang satu musim kalender kemarin. Berdasarkan statistik yang dirangkum Opta, pesepakbola asal Norwegia itu mampu mencetak 44 gol dari 40 penampilan di dua klub yang berbeda, terbanyak di antara semua pemain muda yang bermain di lima liga top Eropa.

Selain itu, Haaland juga jadi pemain yang paling besar kontribusinya sepanjang musim kemarin dibanding semua pemain muda di lima liga top Eropa. Total Haaland mampu berkontribusi sebesar 81 persen dari total gol yang dicetak RB Salzburg dan Borussia Dortmund masing-masing di paruh pertama dan kedua musim lalu.

Haaland bahkan sukses memecahkan sejumlah rekor selama dua bulan pertama berkostum Borussia Dortmund, termasuk meraih predikat penghargaan pemain terbaik Jerman periode bulan Januari 2020.

Bukan cuma itu, sensasi Haaland juga berlanjut di ajang sekelas Liga Champions. Berdasarkan catatan Opta, dia menjadi pemain yang paling cepat bisa mengoleksi 10 gol sepanjang sejarah Liga Champions. Haaland tercatat hanya butuh tujuh laga dimana enam diantaranya bersama RB Salzburg dan sekali dengan Dortmund.

Dengan semua data dan fakta diatas, sudah jelas Haaland memang layak meraih Golden Boy Award 2020.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here