De Gea, Kiper Kelas Dunia Yang Bertransformasi Menjadi Kiper Amatir

0
1584
De Gea, Kiper Kelas Dunia Yang Bertransformasi Menjadi Kiper Amatir

Vivagoal Liga InggrisStatus David de Gea yang sebelumnya digadang sebagai kiper terbaik di dunia mulai luntur. Beberapa blunder yang belakangan ia lakukan tak ubahnya seperti kiper kelas amatir.

Hasil imbang 1-1 yang diraih Manchester United saat menjamu Chelsea pada pekan ke-36 Premier League 2018/19, Minggu (28/4) malam WIB bisa dikatakan adalah ulah dari De Gea. Bagaimana tidak, dirinya melakukan sebuah kesalahan fatal yang seharusnya hanya dilakukan oleh kiper amatir.

Bermain di kancah sekelas Premier League,  De Gea tampak salah memilih keputusan tepat. Tendangan jarak jauh Antonio Rudiger di ujung babak pertama yang seharusnya ditepis dengan mudah justru berusaha ditangkap olehnya. Alhasil bola justru mental dan berhasil disambar oleh Marcos Alonso.

 

Sky Sports menulis jika tembakan Rudiger merupakan tembakan pertama Chelsea dalam 42 menit pertama yang mengarah tepat ke gawang. Artinya, MU tampil cukup baik dalam bertahan dan bisa saja membungkus kemenangan jika De Gea tak membuat blunder tak masuk akal tersebut.

Bukan kali ini saja De Gea mencatatakan blunder konyol. Total empat kesalahan sudah ia lakukan, secara beruntun!

Sebelumnya, dia membuat blunder dan membiarkan Lionel Messi mencetak gol kedua Barcelona pada leg kedua perempat final Liga Champions. Lalu, pada laga melawan Everton, dia seperti ‘melamun’ saat mengantisipasi tembakan jarak jauh Gylfi Sigurdsson. Tak cukup di situ, De Gea juga membuat kesalahan pada Derby Manchester, dia tidak mampu mengantisipasi tembakan Leroy Sane di sudut sempit, hal yang seharusnya mudah bagi kiper-kiper Premier League.

Dari keempat kesalahan tersebut, kasus yang terjadi jelas berbeda. Namun, dalam urusan menghentikan tembakan lawan, De Gea tentu yang teratas.

Di Premier League sendiri ia sudah membuat empat kesalahan fatal yang menghasilkan gol bagi tim lawan. Hanya dua kiper lain yang membuat kesalahan lebih banyak, Bernd Leno dan Jordan Pickford.

Namun untuk memaknai betapa buruknya blunder yang ia lakukan musim ini, De Gea hanya membuat tiga kesalahan seperti itu dalam lima musim terakhir digabungkan. Perbandingan yang tentu sangat jauh.

Dulu kiper 28 tahun itu disebut sebagai pemain paling konsisten entah apa yang terjadi di Manchester United. Namun kini ia kini jauh dari kata kiper kelas dunia dan tampil layaknya pemain amatir.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here