De Jong Merupakan Poros Permainan Barcelona Saat Ini, Ini Statistiknya!

0
515
Frenkie De Jong

Vivagoal La Liga – Peran penting Frenkie De Jong dalam kesuksesan Barcelona memuncaki klasemen LaLiga Spanyol musim ini menuai banyak pujian. Salah satunya datang dari pelatih Barca sendiri, Ernesto Valverde.

De Jong sejatinya sudah dibeli Barcelona dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer paruh musim Januari 2019 kemarin. Tapi, kepindahannya baru dilakukan pada awal musim panas Juli ini.

Untuk mendapatkan servis gelandang 22 tahun itu, Barcelona mesti mengeluarkan dana sebesar 75 juta euro plus bonus-bonus yang nilainya mencapai 5 juta euro. Bersama klub Catalan, De Jong diikat kontrak selama lima tahun.

Meski anak baru, De Jong sudah menjadi pilihan utama di lini tengah Blaugrana. Berposisi sebagai gelandang box to box, De Jong bisa cukup lihai dalam mengawal lini tengah tim Catalan baik saat menyerang atau diserang.

Baca Juga: De Jong Akui Masih Minim Kontribusi Di Barcelona

Situs statistik Whoscored mencatat, dari aspek offensif, selama enam bulan berkostum Blaugrana, De Jong mampu membukukan 85,9% umpan sukses per laga dengan akurasi umpan mencapai 91.1%, punya rasio memenangkan duel udara sebanyak 1.5 kali per laga, dan melepaskan 0.8 shot per pertandingan dengan rating 8.32 dari 24 penampilan.

Valverde pun sangat puas dengan kinerja yang sudah ditunjukkan De Jong. Ia tak ragu untuk menyebut De Jong merupakan salah satu pemain terpenting dalam skuatnya saat ini. Sebab, untuk seorang gelandang muda, kemampuan De Jong tergolong lengkap di sektor tengah.

“Dia (De Jong) adalah pemain muda yang penuh dengan energi. Dia bisa maju dan begitu cepat mundur untuk membantu pertahanan. Dia punya kemampuan organisasi yang hebat, dia mendistribusikan bola dengan baik, dan selalu bisa meredam tekanan hebat yang diberikan lawan dengan cara yang luar biasa.” sanjung Valverde.

“De Jong konsisten bermain di level yang sangat tinggi. Saya pikir dia masih bisa menawarkan kami lebih banyak lagi, baik dalam permainan cepat dan berpartisipasi lebih banyak di sepertiga lapangan. Dia masih bisa meningkat dan Barcelona membutuhkan itu.” tutupnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here