Demi Putus Kutukan Euro, Inggris Latihan Ekstra Hadapi Adu Penalti - Vivagoal.com
Timnas Inggris Euro 2012
(Photo: nydailynews.com via Republika.co.id)

Demi Putus Kutukan Euro, Inggris Latihan Ekstra Hadapi Adu Penalti

Irman Maulana - June 9, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Bek Manchester United, Luke Shaw mengungkapkan bahwa skuad Tim Nasional Inggris akan berlatih tendangan penalti sebelum fase gugur, untuk mempersiapkan diri menghadapi babak adu penalti di Euro 2020.

Tim Nasional Inggris memiliki catatan yang kurang bagus ketika mereka harus menghadapi laga hingga babak adu penalti. Kali pertama mereka berhasil menang adu penalti di Piala Dunia adalah melawan Kolombia 4-3 di Piala Dunia Rusia 2018 silam.

Inggris juga memenangkan adu penalti terakhir mereka melawan Swiss untuk meraih posisi ketiga di edisi perdana UEFA Nations League 2018/19. Namun The Three Lions telah mengalami tiga kali kekalahan dalam ajang Euro.

Demi memutus catatan buruk itu, Luke Shaw mengatakan bahwa skuad Inggris bakal melakukan latihan ekstra khusus demi hadapi kemungkinan laga berlanjut hingga babak adu tos-tosan. Menurutnya Inggris berlatih adu penalti sebelum mencapai fase gugur nanti.

“Saya pikir untuk menang di turnamen besar, mungkin akan waktu ketika kamu akan harus melalui adu penalti dan kami harus siap untuk menghadapi itu. Tentu saja di dua kesempatan terakhir, kami bisa memenangkannya,”ujar Shaw dilansir Sky Sport.


Baca Juga:


“Tentu sangat positif dan ke arah yang benar. Tapi yang pasti kita akan berlatih (adu penalti). Tak peduli seberapa jauh melangkah di fase gugur, kami harus selalu siap dan berlatih untuk membuatnya sempurna.

“Kami harus melatih penalti seperti apa yang akan dilakukan dan siap untuk situasi tersebut ketika datang. Jadi tim tidak perlu saling berebut untuk memikirkan siapa yang menendang atau apa yang akan dilakukannya.”

Terakhir kali Inggris harus menderita kekalahan lewat adu penalti adalah pada Euro 2012 lalu. Ketika itu Inggris harus menyerah dari Italia dengan skor 2-4, salah satunya lewat panenka dari Andrea Pirlo.

Inggris akan memulai perjalanan mereka di Euro 2020 melawan Kroasia, Minggu (13/6) di Stadion Wembley. Mereka berada di Grup D bersama Kroasia, Republik Ceko, dan Skotlandia.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com