Inggris Diminta Pertahankan Duet Dadakan Declan Rice-Kalvin Philips - Vivagoal.com
Di Lini Tengah, Inggris Diminta Pertahankan Duet Dadakan, Philips dan Declan Rice
Declan Rice dan Kalvin Philips, Foto: dok Teamtalk

Inggris Diminta Pertahankan Duet Dadakan Declan Rice-Kalvin Philips

A Hendra - June 17, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Keputusan Gareth Southgate menurunkan duet Declan Rice dan Kalvin Phillips di lini tengah Inggris cukup mengejutkan beberapa pihak. Namun pasca bisa membawa kemenangan atas Kroasia, Southgate diminta pertahankan duet Rice dan Phillips pada laga selanjutnya.

Inggris berhasil mempecundangi finalis Piala Dunia 2018, Kroasia di laga pembuka grup D Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021). Satu-satunya gol kemenangan The Three Lions dibuat oleh Raheem Sterling pada menit ke-57.

Kemenangan itu sendiri sekaligus membawa Inggris tuk sementara menempati posisi kedua grup dibawah Cekoslowakia yang menang 2-0 atas Skotlandia. Salah satu yang menarik di laga tersebut adalah keberanian pelatih Inggris, Gareth Southgate melakukan eksperimen di lini tengah Inggris.

Ia memainkan pemain debutan di ajang Piala Eropa, seperti Kalvin Phillips dan Declan Rice sebagai motor serangan tim saat hadapi Kroasia. Alasan Southgate memasang Philips dan Rice sebagai double pivot timnas Inggris karena skuadnya memang sedang mengalami krisis gelandang tengah.


Baca Juga:


Jordan Henderson masih dalam kondisi kurang fit setelah cedera lutut yang menimpanya dan membuat gelandang Liverpool itu sempat absen bermain sedari bulan Februari 2021. Sementara Jude Bellingham dianggap masih kurang pengalaman bertanding di level tertinggi mengingat usianya yang baru 17 tahun.

Meski begitu, duet dadakan itu tidak terlalu buruk pada laga kontra Kroasia. Terbukti dengan Declan Rice tercatat bisa memenangi dua duel udara dan melakukan tiga tekel. Sementara, Philips mengkreasikan satu assist untuk gol kemenangan Inggris yang dibuat Sterling.

“Saya kira lini tengah itu sudah tidak perlu dirubah. Jordan Henderson tidak berada di kondisi fisik yang sama seperti Phillips dan Rice.” ucap Gary Neville seperti dilansir dari Sky Sports.

“Saya merasa Declan Rice termasuk pemain yang tidak bisa tergantikan, dia akan bermain di setiap pertandingan. Lalu, soal Kalvin Phillips, melihat permainannya kontra Kroasia, dia harusnya terus bermain di samping Rice. Saya kira Southgate tidak perlu mengubah itu,”

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com