Rivalitas 149 Tahun: Inggris vs Skotlandia di Fase Grup Piala Eropa 2020 - Vivagoal.com
Rivalitas 149 Tahun: Inggris vs Skotlandia di Matchday Kedua Euro 2020
Rivalitas 149 Tahun: Inggris vs Skotlandia, Foto: dok Bleacher Report

Rivalitas 149 Tahun: Inggris vs Skotlandia di Fase Grup Piala Eropa 2020

A Hendra - June 16, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Duel klasik yang mempertemukan Inggris melawan Skotlandia akan tersaji di matchday kedua grup D Piala Eropa 2020. Laga panas antar dua tim asal Tanah Britania ini berlagsung di Wembley Stadium akhir pekan nanti.

Tim Nasional Inggris bakal menghadapi sesama wakil dari Tanah Britania Raya, Skotlandia, Sabtu (19/6) mendatang. Keduanya dipertemukan dalam satu grup di putaran final Piala Eropa kali ini. Inggris memastikan diri lolos ke Euro 2020 usai menjadi juara grup A di babak kualifikasi. Sementara Skotlandia menempati posisi ketiga di grup I babak kualifikasi.

Di laga pembuka grup D sebelumnya, Inggris berhasil memetik kemenangan atas finalis Piala Dunia 2018, Kroasia dengan skor tipis 1-0. Sementara Skolandia, tumbang di tangan Republik Ceko dengan skor meyakinkan 2-0.

Berdasarkan catatan di situs resmi UEFA, ini jadi kali pertama Inggris dan Skotlandia bakal bertemu setelah kali terakhir berjumpa di babak play-off Piala Eropa 2000 di Hampden Park. Secara keseluruhan, sejak 1989 Inggris vs Skotlandia sudah bertemu sebanyak lima kali, dimana kali terakhir Inggris bisa keluar sebagai pemenang di Wembley dengan skor 3-2.

Duel Inggris melawan Skotlandia ini dipastikan akan menyedot perhatian banyak pecinta sepakbola dunia. Selain karena rivalitas kedua tim yang sudah berlangsung lebih dari 100 tahun, dua tim terbaik di daratan Britania Raya itu juga cukup berimbang dalam duel-duel yang sudah dilangsungkan.

Setelah 149 tahun usai pertemuan perdana di Hamilton Crescent, Glasgow, 1872 silam, Inggris vs Skotlandia total sudah memainkan sebanyak 114 pertandingan. Statistik pertemuan keduanya sejauh ini cukup berimbang, dengan Inggris meraih 48 kemenangan berbanding 41 kemenangan milik Skotlandia. Sementara 25 laga lainnya berakhir imbang.


Baca Juga:


Dari keseluruhan laga tersebut, Inggris mencetak 203 gol ke gawang Skotlandia. Sedangkan di sisi lain, Skotlandia merobek gawang The Three Lions sebanyak 174 gol.

Dari segi trofi, sejauh ini Inggris masih lebih oke dari rival abadinya itu. Raihan terbesar mereka tentu saja Piala Dunia 1966. Sementara Skotlandia belum sekalipun pernah meraih trofi bergengsi di kancah Eropa.

Meski demikian, Raheem Sterling tak mau inggris larut dalam sejarah masa lampau antar kedua negara. Sterling meminta rekan setimnya untuk fokus bisa meraih kemenangan untuk memperbesar kans timnya lolos ke fase gugur dengan status juara grup.

“Kita tidak bisa ke sana untuk bertanding dengan merujuk pada masa lampau. Kami harus benar-benar konsentrasi karena ini akan menjadi pertandingan yang sulit.” ucap Sterling seperti dilansir dari Sky Sports.

“Buat saya, laga ini akan menjadi pertandingan yang berbeda. Tentu ada sejarah, tapi dalam sepakbola ada tidak bisa larut dalam rivalitas panjang itu.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com