Dipecat! Begini Buruknya Statistik Benitez Selama Membesut Everton - Vivagoal.com
Dipecat! Begini Buruknya Statistik Benitez Selama Membesut Everton
Rafael Benitez, Foto: dok Goal

Dipecat! Begini Buruknya Statistik Benitez Selama Membesut Everton

A Hendra - January 17, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Inggris – Rafael Benitez sudah resmi dipecat Everton sebagai manajer tim di paruh pertama musim 2021/2022. Ia diputus kontrak karena dianggap gagal memenuhi ekspektasi para petinggi klub dan fans.

Hasil buruk yang didapatkan Everton dalam beberapa waktu terakhir, dengan puncaknya saat mereka ditaklukkan 1-2 oleh Norwich yang ada di zona degradasi, Sabtu (15/1) membuat pihak klub akhirnya memutuskan tak lagi bekerjasama dengan pelatih asal Spanyol itu.

Rafael Benitez sendiri diangkat menjadi manajer The Toffees pada awal musim ini, menggantikan Carlo Ancelotti yang memutuskan melatih Real Madrid. Berbekal pengalamannya di Liga Inggris menukangi Liverpool, Everton pun berani memberikan kontrak berdurasi tiga tahun.

Namun, Everton malah memutus kontrak Benitez jauh lebih awal, tepatnya hanya tujuh bulan setelah mengarungi 22 pertandingan di semua ajang. Dari jumlah tersebut, hanya ada 7 kemenangan, 4 imbang dan 11 kali menderita kekalahan.

Ada pun persentase kemenangan juru taktik berusia 61 tahun itu hanya 31,8 persen. Jika hanya merujuk laga di Premier League, Benitez cuma punya rataan kemenangan 33,3 persen. Hasil itu didapat dari 5 kemenangan, 4 imbang dan 10 kali menelan kekalahan dalam 19 pertandingan.


Baca Juga:


Selain itu, rata-rata poin yang bisa disumbangkan Benitez per pertandingan di sepanjang paruh pertama musim ini hanya 1.14. Parahnya lagi, dari 22 laga yang telah dimainkan, Everton hanya mampu mencatatkan tiga clean sheet dengan jumlah kebobolan mencapai 47 gol dan hanya mencetak sebanyak 38 gol.

Alhasil, rentetan hasil minor yang didapat Everton membuat gerah semua pihak dan pada akhirnya berujung pada pemutusan kontrak oleh petinggi The Toffees. Pengumuman pemecatan eks pelatih Liverpool, Chelsea dan Inter Milan itu disampaikan melalui situs resmi klub.

“Everton Football Club mengonfirmasi pemberhentian Rafael Benitez dari jabatan manajer tim. Benitez yang baru bergabung dengan Everton pada Junia 2021 meninggalkan klub secepatnya,” ujar pernyataan resmi klub sekota Liverpool itu.

“Informasi soal manajer pengganti akan diumumkan dalam waktu dekat.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com