Disanksi UEFA, City Rugi 4 Triliun!

0
143
Manchester City

Vivagoal Liga Inggris – Sanksi yang dijatuhkan UEFA tak hanya berimbas dengan rumor kepergian pelatih dan pemain. Jelasnya tanpa bisa manggung di Liga Champions, City juga mengalami kerugian finansial.

Jumat kemarin, UEFA mengeluarkan sanksi resmi kepada Manchester City. Mereka melarang sang juara bertahan Premier League dua musim terakhir itu untuk mentas di kompetisi Eropa dua musim ke depan setelah terbukti melakukan pelanggaran Financial Fair Play.

Kerugian nyatanya tak berhenti di sana. Dilansir dari majalah Forbes, sanksi UEFA tersebut bisa mengikis pemasukan klub.

Dalam laporan tersebut dikatakan jika Man City memperoleh pemasukan mencapai 678 juta USD dari total pendapatan musim lalu. Di mana 72,6 juta USD di antaranya datang dari kesempatan bermain di Liga Champions sampai babak perempat final.

Mereka juga menempatkan Manchester City sebagai klub paling berharga kelima di dunia, dengan total nilai mencapai 2,7 miliar USD. Perkiraan tersebut dengan asumsi City mencapai perempat final Liga Champions lagi musim ini.

Dengan larangan bermain di Liga Champions musim depan bisa membuat mereka kehilangan sampai 77 juta USD. Mereka juga akan kehilangan kesempatan meraih hadiah juara sebesar 53 juta USD dan 10 juta USD dalam bentuk hak siar.

Baca Juga: Gelar Premier League 2014 Terancam Dicopot dari Manchester City, Kenapa?

Mudahnya, dengan sanksi tersebut Manchester City harus siap kehilangan sampai 11 persen total pendapatan mereka.

Absennya City di Liga Champions jelas menjadi kerugian finansial yang masif. Pasalnya dengan kalkulasi tersebut, Man City bisa merugi sampai 295 juta USD atau sekitar 4 triliun rupiah.

Kendati tak bermain di Liga Champions, namun Forbes menyebut Manchester City masih akan menjadi klub besar bernilai sampai 2 miliar USD.

Kans untuk tetap masuk dalam jajaran klub termahal di dunia juga masih bisa mereka pertahankan. Hal ini mengacu pada keputusan klub untuk melayangkan banding lewat Court of Arbitration for Sport (CAS).

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here