FIFA Ketatkan Aturan Peminjaman dan komisi Agen Pemain, Kenapa?

0
23
FIFA Ketatkan Aturan Peminjaman dan komisi Agen Pemain, Kenapa?

Vivagoal Berita Bola – Otoritas tertinggi sepakbola dunia, FIFA tengah merancang aturan baru terkait batasan peminjaman dan komisi yang bisa didapatkan agen pesepakbola dalam proses transfer pemain. Apa saja poin-poinnya? 

Bedasarkan laporan Sky Sports, stakeholder FIFA sudah membuat dua rekomendasi peraturan yakni tentang batas peminjaman pemain dan komisi maksimal yang boleh didapatkan agen.

Soal batasan peminjaman pemain, FIFA menetapkan setiap klub hanya bisa meminjamkan 8 pemain berusia di atas 22 tahun yang keluar dan masuk. Aturan tersebut mulai diberlakukan pada musim 2020/2021.

Semusim berselang, angka tersebut akan direduksi menjadi 6.  Sementara untuk peminjaman dari dan ke klub yang sama, jumlahnya dibatasi menjadi 3 pemain. Aturan yang dibuat FIFA bukannya tanpa sebab, badan tertinggi sepakbola itu ingin pemain muda bisa lebih berkembang dan tampil maksimal. FIFA juga tak ingin pemain muda hanya dieksploitasi dari kepentingan komersial.

[irp]

Sementara untuk komisi agen dalam urusan transfer pemain, FIFA merekomendasikan klub penjual memberikan maksimal 10 persen dari total nilai transfer yang sudah ditetapkan.  Hal itu dilakukan agar agen tak terlibat dalam konflik kepentingan transfer sang pemain ke klub anyarnya kelak.

Selain pengaturan komisi transfer, agen juga akan mendapatkan komisi maksimal sebesar tiga persen dari gaji yang diterima kliennya saat mendapatkan klub baru. Rencananya, regulasi anyar ini akan disodorkan pada pertemuan komite, 24 Oktober mendatang.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here