Fonseca; Menjadi Pelatih di Serie A Itu Sangat Berat

0
34
Fonseca; Menjadi Pelatih di Serie A Itu Sangat Berat

Vivagoal Serie A – Pelatih AS Roma, Paulo Fonseca mengaku jika setiap pertandingan di Italia begitu menguras tenaga dan pikiran karena setiap tim bermain dengan begitu taktis.

Penunjukan Fonseca sebagai pelatih AS Roma musim panas lalu cukup mengejutkan. Betapa tidak, pria asal Portugal tersebut terbilang cukup muda untuk menukangi tim sekelas Roma.

Fonseca sendiri tak menampik jika Serie A begitu berat. Serie A yang taktis membuatnya sadar tak bisa terlalu idealis.

“Tantangan terbesarnya adalah membangun tim baru. Sebelumnya, saya akan selalu fokus ke tim saya dan membiarkan tim-tim lain khawatir tentang perkembangan kami. Saya menyadari tak bisa melakukannya di sini,” ucap Fonseca kepada ESPN dikutip dari Football Italia.

“Saya harus menemukan keseimbangan antara prinsip-prinsip yang saya jaga dan realita atas apa yang dibutuhkan untuk bermain di Serie A. Di sini, Anda harus memikirkan bagaimana lawan bermain.”

“Kualitas dari kepelatihan dan taktik masing-masing lawan begitu tinggi, Anda tak bisa hanya fokus ke diri sendiri. Anda harus secara kontinyu menyesuaikan diri terhadap lawan. Itu mengejutkan buat saya.”

“Setiap pertandingan begitu menguras tenaga dan pikiran, sebuah tantangan nyata secara taktik. Setiap laga punya kisahnya masing-masing, Anda tak pernah bisa bersantai. Kami tak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan tim lain. Anda selalu diap, tapi sulit untuk tahu persis bagaimana mereka akan bermain,” imbuhnya.


Baca Juga:



Fonseca kemudian mengenang wejangan dari Jose Mourinho yang mengatakan betapa sulitnya melatih klub Serie A.

“Dia [Mourinho] benar. Dan yang juga berbeda adalah setiap timnya ingin memainkan bola, tidak ada yang hanya berpikir soal bertahan, meski mereka semua tahu bagaimana caranya bertahan,” sahut Fonseca.

“Tim-tim di papan bawah bisa mengalahkan tim-tim di atas kapanpun dan itu adalah tanda positif. Liga ini sangat melelahkan, tapi juga merangsang. Saya merasa belajar banyak dan berkembang setiap pekannya,” ujarnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here